Skip to main content

Bahaya Soft Lens

Softlens berfungsi untuk memperindah bola mata yang memiliki beberapa variasi warna pilihan, atau sebagai salah satu alternatif bagi mata mereka yang kekuatan penglihatannya kurang dan ga mau pake kacamata. Nah, mungkin dengan menggunakan softlens kerasa lebih praktis. Tapi apa jadinya kalau softlens bisa ngerusak mata kalian? Emang sosialisasi terhadap bahaya pemakai softlens masih asing terdengar di telinga kita.

Berdasarkan hasil penelitian sejak tahun 2003 yang dilakukan tim dokter dari Pusat Kornea, Universitas Illinois, Amerika Serikat, terjadi peningkatan jumlah kasus infeksi mata serius yang disebut dengan Acanthamoeba Castellani. Acanthamoeba castellani adalah suatu mikroorganisme yang banyak ditemukan pada air terkontaminasi. Nah, kontaminasi ini sering terjadi pada tempat penyimpanan soft lens milik anda. Seperti kurangnya menjaga higienitas saat menyimpan atau tidak mensterilkan lensa kontak dengan benar, akibatnya dapat menimbulkan infeksi pada mata. Penyakit mata ini biasanya disebut dengan Acanthamoeba Keratitis (AK) yang disebabkan oleh Acanthamoeba Castellani (tanyadokteranda.com).
Menurut Dr. Charlotte Joslin, ada 63 kasus yang teridentifikasi AK akibat menggunakan lensa kontak, hingga akhir tahun 2006. Dan biasanya 2-3 kasus per tahun. Hasil tersebut memberikan bukti, perawatan lensa kontak yang tidak sesuai aturan akan meningkatkan risiko infeksi (pikiranrakyat.com/8 Januairi 2009).
Sekilah terlintas difikiran gw, waktu pacar adiknya kaka ipar gw (zzzz...), fuji namanya cerita tentang soflens. Dia bilang temen kampuznya termasuk pengguna soflens, tapi dia ngga pernak mau ngebuka soflensnya selama seminggu. Padahal gw aja baru 5 jam udah ngerasa perih banget ni mata. "Terus gimana kalo bobo?" tanya gw "yaa bobo juga dipake,," jawab uji. Hahh??? gilaa bener,, Padahal bahaya banget loh !

Kalo kita nggak ngerti ‘N nggak bener dalam hal pemilihan, pemakaian, dan perawatan, bakalan banyak dampaknya. Diantaranya:

1. Iritasi. Lensa yang dilapisi oleh debu atau kotoran lainnya, bisa nyebabin mata kita iritasi. Tandanya terasa not comfortable, gatal, belekan, merah, perih. Kalo dah gitu copot… Cuci ulang, istirahat bentar jangan langsung dipake yow!
2. Lensanya bisa menyebabkan kerusakan kornea. Softlens dapat menyebabkan topograpi kornea berubah untuk pemakaian jangka panjang. Bisa terjadi perubahan penglihatan.
3. Pasien yang memiliki cylinder kornea yang tinggi dan bentuk soft ens yang berubah menyebabkan cylinder yang tidak diharapkan. ‘N manusia dengan cylinder tinggi tidak cukup terkoreksi dengan softlens lho!
4. Radang mata yang mengakibatkan mata merah.
5. Hypoxia yang disebabkan lensa terlalu ketat.
6. Keratitis. Penelitian membuktikan bahwa ada ikatan antara ketidak patuhan pasien dalam mengikuti petunjuk perawatan dengan pertumbuhan microba.
7. Peripheral neovaskularisasi.
8. Superficial Punctate Keratitis (SPK) dapat timbul karena lensa yang lebih besar

TIPS:
1. Softlens dengan massa aktif (emang HP kale…!) semakin lama semakin kotor. Di USA biasanya pake yang 1-2 minggu, Europe yang sebulan, di SINI malah pake yang taunan. Penggunaan softlens disposable/sekali pake yang paling oke!
2. Harus Bersih. Soflens ga cocok buat orang yang jorok ‘N ga rajin. Untuk menjadikannya sesuai massa pakai N meminimalkan gangguan pada mata. Sebelum memakai dan melepas cuci tangan sesempurna mungkin berulang-ulang. Cuci softlens dengan pembersihnya berulang minimum 2x lah. Guyur dengan agak banyak (jangan pelit-pelit). Penggosokan dengan tangan pada permukaan softlens juga sangat penting meskipun saat ini banyak produk mencantumkan “ no – rub just rinse”.
3. Mata cepet kering. Untuk softlens dengan kadar air yang dikit, menyebabkan mata terasa cepet kering. Ko bisa…! Gampangannya gini kalo kita Haid pake pembalut pasti lebih kering kan dari pada ga pake. Ha.. Ha.. Becanda lagi… It Could be! So kalian perlu tetes mata untuk membuatnya tetep basah. Pilih softlens dengan kadar air yang tinggi.
4. Jangan dipake tidur, ditempat berdebu ‘N berangin kenceng, renang, ato dipake ngintip…
5. Periksa dulu kondisi mata loe dan konsultasikan pada dokter mata. Selain harus menjalani pemeriksaan visus, koreksi obyektif dan subyektif, keratometri, lebih baik lagi kalo tes slitlamp, tearscope, dan topografi kornea yang dibarengi simulasi pemakaian lensakontak. Ujicoba lensa kontak untuk menentukan jenis lensakontak yang akan dipakai.

Comments

Popular posts from this blog

Pendaftaran Mango Live

HI GUUYYSSSS ...... Berikut adalah tata cara untuk mendaftar menjadi host di aplikasi livestreaming, mango live,,,, dengan kami MG sebagai agency terbesar. MG Standard Operational Procedure HOST CANDIDATES Standard Qualification: Woman Above 18 Beautiful  Sexy  Confidence Friendly Happy to interact with many people or new people Hardworker Terms and Conditions: All hosts meet standards qualification Fill out Host registration Form MG HOST Registration Form ID Card  name : ID Card No : Nick Name : Address : Place, Date of birth : Phone (whatsapp) :  Line id : Instagram : Email address :  Bank Name :  Bank Account No : Bank Account Name : Mango Name : Mango Id : System : Make sure you use a real and original photo at photo profile on your mango account. Include 1 closeup photo and 1 full body photo. Include 1 introductory video (30 seconds minimum duration) Include ID card Photo All MG hosts are required to put “MG❤'' befo

LOWONGAN KERJA OFFICIAL HOST

Lowongan kerja sebagai host official mangolive, yang memenuhi kualifikasi di atas silahkan menghubungi nomor whatsapp. gaji hingga puluhan juta rupiah, dengan bermodalkan handphone dan internet . 

Pengolahan Boiler

Pengolahan Air Boiler (External & Internal Treatment) Pengolahan air Boiler harus memenuhi 3 kriteria utama yaitu: •Menghasilkan pertukaran panas secara terus menerus dan effisien. •Memberikan Perlindungan korosi •Menghasilkan kemurnian uap yang baik. Pengolahan air pada sistim boiler dibadi menjadi dua bagian, yaitu External treatment dan Internal treatment. Perawatan Eksternal Perawatan eksternal (External Treatment) adalah segala sesuatu yang dilakukan pada semua sistim pendukung Boiler (sistim yang berhubungan dengan Boiler ). Maksud & tujuan dari suatu external treatment adalah untuk menghasilkan air dengan kualitas yang sesuai dengan persyaratan dari Air umpan boiler (boiler feed water). Dalam hal ini termasuk penghilangan zat tersuspensi, pengurangan/penghilangan kadar Kesadahan, pengurangan/penghilangan kadar Silica, pengurangan /penghilangan kadar oxygen terlalrut (dissolved oxygen), dsb. Beberapa contoh dari fasilitas external treatment antara lain: Clarifier, F