ShoutMix chat widget

Popular Posts

10.25.2010

Rahasia Yahudi Pintar

Artikel DR Stephen Carr Leon patut menjadi renungan bersama. Stephen menulis dari pengamatan langsung. Setelah berada tiga tahun di Israel karena menjalani housemanship di beberapa rumah sakit disana. Dirinya melihat ada beberapa hal yang menarik yang dapat ditarik sebagai bahan tesisnya, yaitu, “Mengapa Yahudi Pintar?” Ketika tahun kedua, akhir bulan Desember 1980, Stephen sedang menghitung hari untuk pulang ke California, terlintas dibenaknya, apa sebabnya Yahudi begitu pintar? Kenapa Tuhan memberi kelebihan kepada mereka? Apakah ini suatu kebetulan? Atau hasil usaha sendiri? Maka Stephen tergerak membuat tesis untuk PhD-nya. Sekadar untuk Anda ketahui, tesis ini memakan waktu hampir 8 tahun. Karena harus mengumpulkan data-data yang setepat mungkin.

Marilah kita mulai dengan persiapan awal melahirkan. Di Israel, setelah mengetahui sang ibu mengandung, sang ibu akan sering menyanyi dan bermain piano. Si ibu dan bapak akan membeli buku matematika dan menyelesaikan soal bersama suami. Stephen sungguh heran karena temannya yang mengandung sering membawa buku matematika dan bertanya beberapa soal yang tak dapat diselesaikan. Kebetulan Stephen suka matematika. Stephen bertanya, “Apakah ini untuk anak kamu?” Dia menjawab, “Iya, ini untuk anak saya yang masih didalam kandungan, saya sedang melatih otaknya, semoga ia menjadi jenius.” Hal ini membuat Stephen tertarik untuk mengikuti terus perkembangannya. Kembali ke matematika tadi, tanpa merasa jenuh si calon ibu mengerjakan latihan matematika sampai genap melahirkan. Hal lain yang Stephen perhatikan adalah cara makan. Sejak awal mengandung sang ibu suka sekali memakan kacang badam dan korma bersama susu.
Tengah hari makanan utamanya roti dan ikan tanpa kepala bersama salad yang dicampur dengan badam dan berbagai jenis kacang. Menurut wanita Yahudi itu, daging ikan sungguh baik untuk perkembangan otak dan kepala ikan mengandung kimia yang tidak baik yang dapat merusak perkembangan dan pertumbuhan otak anak di dalam kandungan. Ini adalah adat orang-orang Yahudi ketika mengandung. Menjadi semacam kewajiban untuk ibu-ibu yang sedang mengandung mengkonsumsi pil minyak ikan..”Ketika saya diundang untuk makan malam bersama orang-orang Yahudi, perhatian utama saya adalah menu mereka. Pada setiap undangan yang sama saya perhatikan, mereka gemar sekali memakan ikan (hanya isi atau fillet).” Biasanya kalau sudah ikan, tidak ada daging. Ikan dan daging tidak ada bersama di satu meja. Menurut mereka, campuran daging dan ikan tak bagus dimakan bersama. Salad dan kacang adalah suatu kemestian, terutama badam.

Uniknya, mereka akan memakan buah-buahan dahulu sebelum memakan hidangan utama. Jangan terperanjat jika Anda diundang ke rumah Yahudi Anda akan dihidangkan buah-buahan dahulu. Menurut mereka, dengan memakan hidangan karbohidrat (nasi atau roti) dahulu kemudian buah-buahan, ini akan menyebabkan kita merasa mengantuk, lemah dan payah untuk memahami pelajaran di sekolah. Di Israel, merokok adalah tabu, apabila Anda diundang makan di rumah Yahudi, jangan sekali-kali merokok. Tanpa sungkan mereka akan menyuruh Anda keluar dari rumah mereka, menyuruh Anda merokok di luar rumah. Menurut ilmuwan di Universitas Israel, penelitian menunjukkan nikotin dapat merusakkan sel utama pada otak manusia dan akan melekat pada gen. Artinya, keturunan perokok bakal membawa generasi yang cacat otak (bodoh). Suatu penemuan yang dahsyat ditemukan oleh saintis yang mendalami bidang gen dan DNA.

Perhatian Stephen selanjutnya adalah mengunjungi anak-anak Yahudi. Mereka sangat memperhatikan makanan. Makanan awal adalah buah-buahan bersama kacang badam, diikuti dengan menelan pil minyak ikan (code oil lever). Dalam pengamatan Stephen, anak-anak Yahudi sungguh cerdas. Rata-rata mereka memahami tiga bahasa yaitu Hebrew, Arab, dan Inggris. Sejak kecil mereka telah dilatih main piano dan biola. Ini adalah suatu kewajiban. Menurut mereka bermain musik dan memahami not dapat meningkatkan IQ. Sudah tentu bakal menjadikan anak pintar. Ini menurut saintis Yahudi, hentakan musik dapat merangsang otak. Tak heran banyak pakar musik dari kaum Yahudi. Seterusnya di kelas 1 hingga 6, anak-anak Yahudi akan diajar matematika berbasis perniagaan. Pelajaran IPA sangat diutamakan. Di dalam pengamatan Stephen, perbandingan anak-anak di Calfornia, dalam tingkat IQ-nya bisa dikatakan 6 tahun kebelakang!

“Segala pelajaran akan dengan mudah ditangkap oleh anak Yahudi. Selain dari pelajaran tadi, olahraga menjadi kewajiban bagi mereka. Olahraga yang diutamakan ialah memanah, menembak, dan berlari. Menurut teman saya ini memanah dan menembak dapat melatih otak memfokus sesuatu perkara disamping mempermudah persiapan membela negara.” “Selanjutnya perhatian saya menuju ke sekolah tinggi (menengah) disini murid-murid digojlok dengan pelajaran sains. Mereka didorong untuk menciptakan produk. Meski proyek mereka kadangkala kelihatannya lucu dan memboroskan, tetap diteliti dengan serius. Apalagi kalau yang diteliti itu berupa senjata, medis, dan teknik. Ide itu akan dibawa ke jenjang yang lebih tinggi.” “Satu lagi yang diberi keutamaan ialah fakultas ekonomi. Saya sungguh terperanjat melihat mereka begitu agresif dan serius belajar ekonomi.

Di akhir tahun di universitas, mahasiswa diharuskan mengerjakan proyek. Mereka harus mempraktekkannya. Dan Anda hanya akan lulus jika tim Anda (10 pelajar setiap tim) dapat keuntungan sebanyak US$ 1 juta! Anda terperanjat? Itulah kenyataannya. ” Kesimpulan, pada teori Stephen adalah, melahirkan anak dan keturunan yang cerdas adalah keharusan. Tentunya bukan perkara yang bisa diselesaikan semalaman. Perlu proses, melewati beberapa generasi mungkin? Kabar lain tentang bagaimana pendidikan anak adalah dari saudara kita di Palestina. Mengapa Israel mengincar anak-anak Palestina? Terjawab sudah mengapa agresi Israel yang biadab dari 27 Desember 2008 kemarin memfokuskan diri pada pembantaian anak-anak Palestina di Jalur Gaza.

Seperti yang kita ketahui, setelah lewat dua minggu, jumlah korban tewas akibat Holocaust itu sudah mencapai lebih dari 900 orang. Hampir setengah darinya adalah anak-anak. Selain karena memang tabiat Yahudi yang tidak punya nurani, target anak-anak bukanlah kebetulan belaka. Sebulan lalu, seusai Ramadhan 1429 Hijriah, Ismail Haniya, pemimpin Hamas, melantik sekitar 3500 anak-anak Palestina yang sudah hafidz al-Qur’an. Anak-anak yang sudah hafal 30 juz al-Qur’an ini menjadi sumber ketakutan Zionis Yahudi. “Jika dalam seusia muda itu mereka sudah menguasai al-Qur’an, bayangkan 20 tahun lagi mereka akan jadi seperti apa?” demikian pemikiran yang berkembang di pikiran orang-orang Yahudi. Tidak heran jika anak Palestina menjadi para penghapal al-Qur’an.

Kondisi Gaza yang diblokade dari segala arah oleh Israel menjadikan mereka terus intens berinteraksi dengan al-Qur’an. Tak ada yang main playstation atau game. Namun kondisi itu memacu mereka untuk menjadi para penghapal yang masih begitu belia. Kini, karena ketakutan sang penjajah, sekitar 500 bocah penghapal al-Qur’an itu telah syahid. Perang panjang dengan Yahudi akan berlanjut entah sampai berapa generasi lagi. Ini cuma masalah giliran. Sekarang Palestina dan besok bisa jadi Indonesia. Ambil contoh tetangga kita yang terdekat, Singapura. Contoh yang penulis ambil sederhana saja, rokok. Benarkah merokok dapat melahirkan generasi “goblok”? Kata goblok diambil bukan dari penulis, tapi kata itu dari Stephen Carr Leon sendiri. Dia sudah menemui beberapa bukti yang menyokong teori ini. “Lihat saja Indonesia,” katanya seperti dalam tulisan itu. “Jika Anda ke Jakarta, dimana saja Anda berada; dari restoran, teater, kebun bunga hingga ke museum, hidung Anda akan segera mencium asap rokok! Dan harga rokok? Cuma 70 sen dolar! Hasilnya! Dengan penduduk berjumlah jutaan orang, ada berapa banyakkah universitas? Hasil apakah yang dapat dibanggakan? Teknologi? Jauh sekali. Adakah mereka dapat berbahasa selain dari bahasa mereka sendiri? Mengapa mereka begitu sukar sekali menguasai bahasa Inggris? Di tangga berapakah kedudukan mereka di pertandingan matematika sedunia? Adakah ini bukan akibat merokok? Anda pikirlah sendiri?”

[+/-] Read more...

Surat untuk Mama

Kisah ini terjadi di suatu pagi yang cerah, yaa…mungkin tidak begitu cerah untuk seorang mama yang kebetulan memeriksa kamar putrinya. Dia mendapati kamar itu sudah rapi, dengan selembar amplop bertuliskan “untuk mama” di atas kasurnya dia mulai membuka surat itu

Mama tercinta,

Aku menulis surat ini dengan perasaan sedih dan sangat menyesal. Saat mama membaca surat ini aku telah pergi meninggalkan rumah. Aku pergi bersama kekeasih ku, dia cowok yang baik, setelah bertemu dia, mama pasti setuju meski dia banyak tato yang melekat di tubuhnya juga dengan motor bututnya serta rambut gondrongnya. Dia sudah cukup dewasa walaupun belum begitu tua (aku pikir zaman sekarang 42 tahun tidaklah terlalu tua).

Dia sangat baik terhadap ku, lebih lagi dia ayah dari anak dalam kandungan ku saat ini. dia meminta ku untuk membiarkan anak ini lahir dan kita akan bisa membesarkannya bersama. Kami akan tinggal berpindah-pindah, dia punya bisnis perdagangan ekstasi yang sangat luas, dia juga meyakinkan ku bahwa kawin lari tidaklah begitu buruk. Kami akan tinggal bersama sampai maut memisahkan kami. Para ahli pengobatan pasti akan menemukan obat untuk AIDS jadi dia bisa segera sembuh.

Aku tahu kalau dia punya cewek lain tapi aku percaya dia akan setia pada ku dengan cara yang berbeda. Mama…jangan khawatir keadaan ku, aku sudah 15 tahun sekarang, aku bisa menjaga diri ku. Salam sayang untuk kalian semua . oh iya , berikan boneka ku untuk adik ku, dia sangat menginginkannya.

Masih dengan perasaan terguncang dan tangan gemetaran, mama membaca lembar kedua surat dari putri tercintanya itu

Ps : mama…tidak ada satu pun dari yang aku tulis di atas itu benar, aku hanya ingin menunjukan ada ribuan hal yang lebih mengerikan daripada nilai rapor ku yang buruk. Kalau mama mau menandatangani rapor ku di atas meja, panggil aku ya…aku tidak kemana-mana, aku ada di tetangga sebelah.

[+/-] Read more...

Surat dari Bunda untuk Anakku

Menjumpai Anakku…

Apa kabar, anakku? Sehatkah engkau hari ini? Sudah makan kah engkau, sayang? Masih ingatkah engkau pantangan apa saja yang tidak boleh engkau makan, Nak? Bunda berharap kau selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Kuasa.

Anakku…

Hari ini kau tidak ada di rumah, tadi engkau pamit kepada Bunda untuk pergi mengikuti les, tapi hari ini Bunda rindu sekali denganmu. Hari ini, ketika kau tidak ada, Bunda teringat dengan masa-masa engkau mulai tertanam di rahim Bunda sampai dengan engkau dewasa sekarang.

Anakku sayang…

Jauh sebelum kau hadir dalam kehidupan Ayah dan Bunda, kami selalu berharap dan berdo’a agar nantinya dikaruniai anak-anak yang baik, taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbakti kepada orang tua, serta menjadi seorang ummat yang berguna untuk agama dan bangsa.

Anakku sayang…

Ingatkah engkau, di bulan-bulan awal kau di perut Bunda, mual dan muntah menjadi rutinitas Bunda, juga sakit kepala bahkan hingga mau pingsan. Namun Bunda tahu, ini titipan dari Yang Mahakuasa, Bunda tidak boleh mengeluhkan kehadiranmu, bahkan Bunda bersyukur karena diberi kepercayaan untuk melahirkan mu ke dunia.

Anakku…

Sembilan bulan sepuluh hari kau mendiami perut Bunda, akhirnya kau melihat dunia. Betapa senangnya hati Bunda saat itu, mengalahkan rasa sakit yang amat sangat, antara hidup dan mati. Alhamdulillah kau lahir dengan selamat.

Ketika kau mulai mengisi ruang-ruang kesepian di rumah dengan tangisanmu, teriakanmu, tawamu, sungguh, Bunda tak akan pernah melupakan itu. Suara tangismu di tengah malam tidak pernah membuat Bunda mengeluh karena kurang tidur. Membersihkan popokmu tidak pernah membuat Bunda mengeluh apalagi merasa jijik. Semua Bunda lakukan karena Bunda sayang kepadamu, Nak.

Menjelang kau masuk ke dunia sekolah, semua perlengkapan sekolahmu Bunda siapkan dengan baik agar kau dapat belajar dengan tenang. Masih terekam dengan baik di kepala Bunda, kau menangis saat Bunda akan meninggalkanmu di hari pertama kau masuk sekolah. Kau ingin Bunda selalu menemanimu di sekolah.

Menginjak usia remaja, kau sudah banyak teman. Jarang sekali kau ada di rumah karena banyaknya kegiatan yang kau lakukan di sekolah, ada les, eks-kul, atau sekedar berkumpul dengan teman-temanmu. Bunda mulai merasa kehilangan mu. Apakah kau sudah bosan berada di rumah?

Saat ini aktivitasmu semakin bertambah, kehadiranmu di rumah mungkin hanya terlihat saat sarapan pagi, itu pun kau lakukan jika kau tidak terburu-buru berangkat ke luar rumah. terkadang, terkadang kau lupa mencium tangan Bunda ketika kau keluar melewati pintu rumah. Benarkah ini anak Bunda?

Dengan aktivitasmu yang banyak terkadang kau lupa bahwa kau masih punya rumah, kau lebih sering pergi keluar rumah bahkan menginap di rumah temanmu. Pernah Bunda bertanya kemana kau hendak pergi, kau menjawabnya dengan ketus, seolah-olah Bunda tak perlu tahu urusanmu.

Ketika Bunda menasehatimu, kau malah pergi begitu saja meninggalkan Bunda yang sedang bicara. Ketika kau pulang larut malam, Bunda sangat khawatir dan bertanya kemana saja kau pergi seharian, kau tak menggubris kata-kata Bunda, kau langsung masuk kamar dan mengunci pintu. Inikah anak Bunda yang dulu begitu manis?

Beberapa kali Bunda pernah memarahimu saat kau melakukan kesalahan, namun kau malah balik memarahi Bunda dan menganggap itu bukan kesalahanmu. Bunda marah karena ingin kau bisa belajar dari kesalahan, Bunda marah karena sayang kepadamu, Nak, sama sekali bukan karena benci.

Anakku sayang…

pagi ini, Bunda ingin sekali kau ada di samping Bunda seperti dulu waktu kau masih kecil.
Kau selalu bersama Bunda kemanapun Bunda pergi, karena kau masih belum bisa berjalan.
Kau selalu mendengarkan kata-kata Bunda karena kau belum bisa bicara. Rasanya Bunda ingin kau yang kecil saja, agar selalu bersama Bunda dan mendengar kata-kata Bunda, tanpa bantahan dan cacian.

Anakku sayang…

Surat cinta ini, sengaja Bunda tulis untukmu seorang. Bunda sangat menyayangimu.

Peluk cium sayang untukmu… Bunda

[+/-] Read more...

8 Kebohongan Ibu dalam Hidupnya

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita percaya bahwa kebohongan akan membuat manusia terpuruk dalam penderitaan yang mendalam, tetapi kisah ini justru sebaliknya. Dengan adanya kebohongan ini, makna sesungguhnya dari kebohongan ini justru dapat membuka mata kita dan terbebas dari penderitaan, ibarat sebuah energi yang mampu mendorong mekarnya sekuntum bunga yang paling indah di dunia.

Cerita bermula ketika aku masih kecil, aku terlahir sebagai seorang anak laki-laki di sebuah keluarga yang miskin. Bahkan untuk makan saja, seringkali kekurangan. Ketika makan, ibu sering memberikan porsi nasinya untukku. Sambil memindahkan nasi ke mangkukku, ibu berkata : “Makanlah nak, aku tidak lapar” ———- KEBOHONGAN IBU YANG PERTAMA

Ketika saya mulai tumbuh dewasa, ibu yang gigih sering meluangkan waktu senggangnya untuk pergi memancing di kolam dekat rumah, ibu berharap dari ikan hasil pancingan, ia bisa memberikan sedikit makanan bergizi untuk petumbuhan. Sepulang memancing, ibu memasak sup ikan yang segar dan mengundang selera. Sewaktu aku memakan sup ikan itu, ibu duduk di sampingku dan memakan sisa daging ikan yang masih menempel di tulang yang merupakan bekas sisa tulang ikan yang aku makan. Aku melihat ibu seperti itu, hati juga tersentuh, lalu menggunakan sumpitku dan memberikannya kepada ibuku. Tetapi ibu dengan cepat menolaknya, ia berkata : “Makanlah nak, aku tidak suka makan ikan” ———- KEBOHONGAN IBU YANG KEDUA

Sekarang aku sudah masuk SMP, demi membiayai sekolah abang dan kakakku, ibu pergi ke koperasi untuk membawa sejumlah kotak korek api untuk ditempel, dan hasil tempelannya itu membuahkan sedikit uang untuk menutupi kebutuhan hidup. Di kala musim dingin tiba, aku bangun dari tempat tidurku, melihat ibu masih bertumpu pada lilin kecil dan dengan gigihnya melanjutkan pekerjaannya menempel kotak korek api. Aku berkata :”Ibu, tidurlah, udah malam, besok pagi ibu masih harus kerja.” Ibu tersenyum dan berkata :”Cepatlah tidur nak, aku tidak capek” ———- KEBOHONGAN IBU YANG KETIGA

Ketika ujian tiba, ibu meminta cuti kerja supaya dapat menemaniku pergi ujian. Ketika hari sudah siang, terik matahari mulai menyinari, ibu yang tegar dan gigih menunggu aku di bawah terik matahari selama beberapa jam. Ketika bunyi lonceng berbunyi menandakan ujian sudah selesai, Ibu dengan segera menyambutku dan menuangkan teh yang sudah disiapkan dalam botol yang dingin untukku. Teh yang begitu kental tidak dapat dibandingkan dengan kasih sayang yang jauh lebih kental. Melihat ibu yang dibanjiri peluh, aku segera memberikan gelasku untuk ibu sambil menyuruhnya minum. Ibu berkata : “Minumlah nak, aku tidak haus!” ———- KEBOHONGAN IBU YANG KEEMPAT

Setelah kepergian ayah karena sakit, ibu yang malang harus merangkap sebagai ayah dan ibu. Dengan berpegang pada pekerjaan dia yang dulu, dia harus membiayai kebutuhan hidup sendiri. Kehidupan keluarga kita pun semakin susah dan susah. Tiada hari tanpa penderitaan. Melihat kondisi keluarga yang semakin parah, ada seorang paman yang baik hati yang tinggal di dekat rumahku pun membantu ibuku baik masalah besar maupun masalah kecil. Tetangga yang ada di sebelah rumah melihat kehidupan kita yang begitu sengsara, seringkali menasehati ibuku untuk menikah lagi. Tetapi ibu yang memang keras kepala tidak mengindahkan nasehat mereka, ibu berkata : “Saya tidak butuh cinta” ———-KEBOHONGAN IBU YANG KELIMA

Setelah aku, kakakku dan abangku semuanya sudah tamat dari sekolah dan bekerja, ibu yang sudah tua sudah waktunya pensiun. Tetapi ibu tidak mau, ia rela untuk pergi ke pasar setiap pagi untuk jualan sedikit sayur untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kakakku dan abangku yang bekerja di luar kota sering mengirimkan sedikit uang untuk membantu memenuhi kebutuhan ibu, tetapi ibu bersikukuh tidak mau menerima uang tersebut. Malahan mengirim balik uang tersebut. Ibu berkata : “Saya punya duit” ———-KEBOHONGAN IBU YANG KEENAM

Setelah lulus dari S1, aku pun melanjutkan studi ke S2 dan kemudian memperoleh gelar master di sebuah universitas ternama di Amerika berkat sebuah beasiswa di sebuah perusahaan. Akhirnya aku pun bekerja di perusahaan itu. Dengan gaji yang lumayan tinggi, aku bermaksud membawa ibuku untuk menikmati hidup di Amerika. Tetapi ibu yang baik hati, bermaksud tidak mau merepotkan anaknya, ia berkata kepadaku “Aku tidak terbiasa” ———-KEBOHONGAN IBU YANG KETUJUH

Setelah memasuki usianya yang tua, ibu terkena penyakit kankangat tua, menatap aku dengan penuh kerer lambung, harus dirawat di rumah sakit, aku yang berada jauh di seberang samudra atlantik langsung segera pulang untuk menjenguk ibunda tercinta. Aku melihat ibu yang terbaring lemah di ranjangnya setelah menjalani operasi. Ibu yang keliatan sinduan. Walaupun senyum yang tersebar di wajahnya terkesan agak kaku karena sakit yang ditahannya. Terlihat dengan jelas betapa penyakit itu menjamahi tubuh ibuku sehingga ibuku terlihat lemah dan kurus kering. Aku sambil menatap ibuku sambil berlinang air mata. Hatiku perih, sakit sekali melihat ibuku dalam kondisi seperti ini. Tetapi ibu dengan tegarnya berkata : “Jangan menangis anakku, aku tidak kesakitan” ———-KEBOHONGAN IBU YANG KEDELAPAN.

Setelah mengucapkan kebohongannya yang kedelapan, ibuku tercinta menutup matanya untuk yang terakhir kalinya.

Dari cerita di atas, saya percaya teman-teman sekalian pasti merasa tersentuh dan ingin sekali mengucapkan : ” Terima kasih ibu ! ” Coba dipikir-pikir teman, sudah berapa lamakah kita tidak menelepon ayah ibu kita? Sudah berapa lamakah kita tidak menghabiskan waktu kita untuk berbincang dengan ayah ibu kita? Di tengah-tengah aktivitas kita yang padat ini, kita selalu mempunyai beribu-ribu alasan untuk meninggalkan ayah ibu kita yang kesepian. Kita selalu lupa akan ayah dan ibu yang ada di rumah.Jika dibandingkan dengan pacar kita, kita pasti lebih peduli dengan pacar kita. Buktinya, kita selalu cemas akan kabar pacar kita, cemas apakah dia sudah makan atau belum, cemas apakah dia bahagia bila di samping kita. Namun, apakah kita semua pernah mencemaskan kabar dari ortu kita? Cemas apakah ortu kita sudah makan atau belum? Cemas apakah ortu kita sudah bahagia atau belum? Apakah ini benar? Kalau ya, coba kita renungkan kembali lagi. Di waktu kita masih mempunyai kesempatan untuk membalas budi ortu kita, lakukanlah yang terbaik. Jangan sampai ada kata “MENYESAL” di kemudian hari.

[+/-] Read more...

Tips Mempertahankan Hubungan

Kali ini gue kasih tips buat hubungan lo semua bertahan lama alias awet.

1. Jangan nanyain hal yang sama berulang-ulang dan bisa bikin pasangan lo bosen ngejawabnya. Kalo lo punya sesuatu hal yang menarik dan baru, sampein aja. Selain malem, jangan ganggu si dia terlalu lama. Cukup dengan telepon sebentar dan beberapa sms segar. Jangan paksain komunikasi kalo keadaan sedang tidak memungkinkan.

2. Beri Perhatian Lebih
Perlakukan si dia berbeda dan lebih baik dari orang lain. Ketika dia ulang tahun atau event-event tertentu ucapin selamat dan juga bisa lo kasih hadiah. Buatlah seolah-olah dia seorang yang spesial dan lo ngga mau kehilangan doi. Kalo doi ada masalah, bantu, minimal dengan ngedengerin curhat sama ngebantuin dengan ngasih solusi.

3. Ungkapan Cinta Yang Tulus Dan Wajar
Jangan ngasih ungkapan gombal yang lebay yang ngga sesuai dengan kenyataan. Ungkapkan cinta lo secukupnya secara wajarngga dibuat-buat alias maksa. Buat varasi ungkapan cinta lo dengan berbagai metode dan cara supaya ngga monoton.


4. Pelajari Sifat dan Perilaku
Amati dan pelajari apa-apa yangd ia suka dan apa-apa yang ngga dia suka. Kalo lo udah tau, jangan lakuin hal-hal yang ngga dia sukain dan lakuin apa yang dia sukai selama ngga ngelanggar aturan hukum, norma dan agama. Hindari hubungan seks di luar nikah untuk menghindari masalah pelik yang dapat muncul. Tolak dengan baik ajakan-ajakan yang berbahaya, karena belum tentud ia bakalann nikah sama lo.

5. Jangan Pelit dan Matre
Kalo lagi ngedate, dan kalo memungkinkan tanggunglah biaya-biaya pacaran berdua seperti makan, nonton, belanja, jajan, transport, dsb. Jangan maunya dibayarin  aja tanpa mau mengorbankan sedikitpun uang lo untuk orang yang lo sayangi. Tapi kalo salah satu ada yang udah kerja dan yang satunya belom bekerja, dibayarin adalah sesuatu yang wajar(wkwkwk).

6. Perjelas Hubungan ke Depan
Komitmen menikah merupakan sesuatu yang penting dan perlu disepakati yang menunjukkan bahwa lo dan pasangan saling mencintai. Komitmen tersebut bisa diungkapkan di awal maupun setelah lama berhubungan. Semakin jelas hubungan lo dengan dia, maka semakin kuat ikatan batin lo dengan si dia. Apa lagi kalo keluarga kedua belah pihak udah tau terus ngerestuin.

7. Hubungan Keluarga yang Baik
Jaga hubungan baik dengan anggota keluarga si dia jangan sampai menimbulkan masalah dan citra yang negatif.

8. Jujur dan Menjadi Diri Sendiri
Jadilah sebagai diri sendiri dan ngga niru adegan sinetron, novel, film, dan sebagainya. Usahain ngga ngeboongin dia dan bilang apa adanya sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya.

9. Menjaga Emosi
Jangan membalas emosi dengan emosi. Gunakan kesabaran yang tinggi untuk meredam amarah si dia. Bilang ngga suka kalo dia marah membabi-buta. Jika si dia melakukan kesalahan atau kebohongan pun jangan sampai emosi anda meledak-ledak. Tetap tenang dan gunakan akal sehat dalam menjalani suatu masalah. Berbicaralah baik-baik dan lembut namun tegas dalam menyikapi sesuatu karena emosi terkadang sifatnya hanya sementara. Emosi yang saling beradu sangat berbahaya dalam menjaga hubungan agar tidak putus cinta.

10. Selesaikan Masalah yang Ada Secepatnya
Jangan menunda-nunda untuk mencari pemecahan dari masalah yang timbul. Jika keadaan dibuat mengambang terlalu lama maka bisa jadi si dia akan berpaling dari anda dan menjalin cinta yang lain. Sedapat mungkin hubungan yang terjalin dapat kembali mesra seperti sedia kala setelah masalah terselesaikan.

11. Selalu Setia
Hal yang sangat penting adalah menjaga kepercayaan si doi. Kalo lo ketauan selingkuh dengan orang lain maka hancurlah hati si dia jika mengetahuinya. Jangan pernah menduakan cinta , karena itu sangat membahayakan hubungan lo dan dia .

12. Seimbang / Tidak Ada Dominasi
Jangan sampai hubungan yang berjalan menjadi kurang nyaman karena yang satu dianggap atau menganggap dirinya lebih dewasa, lebih pintar, lebih kaya, dan sebagainya. Buatlah diri lo dengan dirinya seimbang satu sama lain tanpa perbedaan. Keadaan yang seimbang antara pria dan wanita seperti teman akan sangat menyenangkan daripada yang satu harus selalu menuruti kemauan salah satu pihak terus menerus seperti pembantu.

13. Lakukan Hal-Hal yang Menyenangkan
Sesuatu yang membuat lo berdua seneng ngga harus yang mahal. Mungkin dengan belanja bersama ke pusat perbelanjaan, jalan-jalan naik motor berdua atau duduk berdua di bangku taman yang gratis dapat menyenangkan kedua belah pihak. Nikmatilah masa-masa pacaran lo yang indah agar tidak menyesal nantinya ketika menikah.

- Semoga kisah cinta lo berdua dengan si pacar selalu lancar aman terkendali hingga jenjang pernikahan yang suci dan sakral. ammmiiiiiiiiinnnnnnnnnnnnnnn

[+/-] Read more...

Penyimpangan Manusia Jaman Sekarang

Ini nih sebagian contoh penyimpangan-penyimpangan orang-orang jaman sekarang

1). Berkhayal/Zina Hati.
Keingetan, kangen, menyebabkan pikiran dan perasaan disibukkin sama urusan pacar (duniawi) akibatnya lupa untuk berdzikir pada Alloh SWT. Rasululloh Sbersabda: “ Telah tertulis atas anak Adan nasibnya dari hal zina. Akan bertemu dalam hidupnya, tidak dapat tidak. Zina dua mata adalah melihat, zina dua tangan adalah menyentuh, zina dua kaki adalah berjalan, zinanya hati adalah menginginkan dan berangan-angan dan kemaluan membenarkan semua itu atau mendustakan “. (HR. Muslim dari Abu Hurairah dengan Sanad Shahih).

2). Memandang dengan bersyahwat.
“Hai Ali, janganlah sampai pandangan yang pertama di ikuti pandangan lagi. Sesungguhnya buatmu pertama, bukan yang kedua, dan dosa atas yang kedua “. (HR. Abu dawud dengan Sanad Hasan Shahih). Bisa lihat juga QS. An-Nuur: 30-31.


3). Pembicaraan yang manja/dibuat-buat untuk merayu.
Firman Alloh : "Jangan kalian rendahkan (merdukan) dalam berbicara, sebab akan tergoda orang-orang yang didalam hatinya ada penyakit dan ucapkanlah kata-kata yang baik (biasa" (QS. Al-Ahzab: 32). Kalopun kesannya diem, tapi sambil ngatur gerakan anggota tubuh, sampe bikin orang terpesona juga dilarang, yaitu dalam QS. An-Nuur: 30-31 yang artinya: “ Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara pandangannya yang demikian itu ialah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Alloh Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan (30) “. “ Janganlah hentakan kaki-kaki mereka (dengan maksud) agar supaya diketahui apa-apa yang tersembunyi dari perhiasan mereka (31) ”.

4). Bersentuhan
Menyentuh lawan jenis dengan sengaja dalam keadaan ngga darurat hukumnya haram. Rasululloh bersabda: “ Sungguh, kepala salah seorang diantara kamu ditikam dengan jarum besi lebih baginya daripada ia menyentuh seorang perempuan yang tidak halal baginya “. (HR. Tirmidzi dan Baihaqi dengan Sanad Hasan Shahih).

5). Pake Parfum yang berlebihan. Hukumnya haram kecuali kepada Suami dan Mahramnya.
Parfum merupakan sarana yang paling halus untuk menyebarkan maksiat. Bentuk tubuh atau kecantikan bisa disembunyikan tapi dengan berparfum semerbak orang yang disekatnya dapat merasakan dan berkhayal jauh. Rasululloh bersabda: “ Siapapun wanita yang memakai parfum/wangi-wangian melewati sekumpulan laki-laki maka wanita itu adalah wanita yang sudah berzina (tuna susila/PSK). (HR. An-Nasa’i, Abu dawud, Tirmidzi dengan Sanad Jayyid).

6). Khalwat
Khalwat ialah menyendiri atau bersepi-sepi dengan lawan yang bukan mahram. Rasululloh bersabda: “ Janganlah seorang laki-laki dan seorang perempuan bersepi-sepi, sebab Syaithan Laknatulloh’ Alaik menemaninya “. Dan janganlah seorang diantra kami bersepi-sepi dengan seorang perempuan kecuali dengan disertai mahramnya “. (HR. Muthafaqun’ Alaih yakni Imam Bukhari & Imam Muslim dengan Sanad Shahih).

7). Ikhtilat (Campur baur antara Pria (Ikhwan) dan Wanita (Akhwat)).
Fatwa Al-Lajnah Ad-Da’imah, Kerajaan Saudi Arabia (KSA) dan Fatwa Al-Imam Al-Allamah Syaikhuna Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin Rahimahulloh berpendapat bahwa Ikhtilat yaitu bercampur baurnya laki-laki dan perempuan dalam satu tempat yang memungkinkan saling satu sama lainnya. Serta menurut Ulama Salaf orang yang belum menikah dianjurkan (wajib) untuk bershaum (puasa) kalau melanggar dari norma-norma ajaran agama Islam maka haruslah didera 100 kali lalu diarak serta ditonton keliling kota/desa serta dilempar oleh batu hingga meninggal.

8). Memperlihatkan Aurat.
Wanita diawajibkan menutup auratnya sesuai dengan QS. An-Nuur: 30-31 yang artinya: “ Dan hendaklah menutupkan kain ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasan mereka…”.

9). Berhias/Tabaruj
Menurut Al-Allamah Syaikh Zamakhsyari Rahimahulloh, Tabaruj ialah memperlihatkan sesuatu yang seharusnya disembunyikan. Bisa berupa gerakan, cara bicara, berdandan, dll. Firman Alloh: “…Dan janganlah kalian berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliah dulu…”. (QS. Al-Adzhab: 33)

10). HomoSeks/Liwath.
Firman Alloh Azza wa Jalla: “ Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka, maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tercela. Barangsiapa mencari di balik itu, maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas “. (QS. Al-Mu’minun: 5-7).

11). Onani/Istimta’
Yaitu mencapai kepuasan seksual dengan menggunakan tangan. Jadi ini termasuk zina tangan. Supaya tidak melakukan Rasululloh mengingatkan dengan sebuah hadist yang artinya: “ Wahai sekalian pemuda, barangsiapa yang sudah mempunyai bekal untuk kawin maka kawinlah sebab itu dapat menundukkan pandangan dan memelihara kemaluan dan barangsiapa yang belum mampu maka berpuasalah itu sebagai pelindung baginya “. (HR. Imam Bukhari & Imam Muslim).

12). Zina/hubungan Seks.
Puncak petaka dari pacaran ialah adanya hubungan seks diluar nikah. Islam sejak dini telah melarangnya, bahkan untuk mendekatinya saja sudah dilarang. Alloh berfirman: “ Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu ialah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk “. (QS. Al-Isra’: 32). Hukuman bagi sang pezina dalam Al-Qur’an sangat berat, yaitu didera seratus kali bagi yang belum menikah atau di rajam sampai mati bagi yang sudah menikah.

13). Orang-orang tidak membiasakan dirinya memberi hormat secara Islami dengan mengucapkan Assalamu’alaikum Wr. Wb tapi mereka gantidengan kata-kata: Selamat Pagi, Selamat Sore, Selamat datang dll.

14). Orang-orang jika menelpon seseorang muslim maka akan segera mendapat jawaban dengan perkataan ” hallo ”, berasal dari bahasa Inggris yang artinya ” saya terima ”, ada dua kesalahan dalm kalimat ini, kesalahan pertama meniru orang kafir, dan kedua meninggalkan salam yang syar’i.

15). Orang-orang kalo berpisah bilang bye…bye (atau da…da…, bahasa Belanda) yang semua itu dari bahasa asing, dan menanamkan pada dirinya, agar cinta dan terbiasa meniru orang kafir, padahal seharusnya Pemuda mengucapkan lafadz penghormatan yang ada dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah yaitu dengan mengucapkan Assalamu’alaikum bukan bahasa asing tersebut.

16). Orang-orang berjabat tangan dengan bukan sesamanya, yakni pria dengan pria dan wanita dengan wanita sehingga terbiasa dengan adat istiadat orang-orang kafir yang diharamkan oleh Islam, sebab Rasululloh bersabda: ” Sesungguhnya saya tidak pernah berjabatan tangan dengan para wanita ”. (Hadist Shahih Riwayat Tirmidzi). Dan juga sabda Rasululloh kembali: ” Sesungguhnya kepala seorang laki-laki ditusuk dengan jarum besi adalah lebih baik dari pada memegang perempuan yaang tidak halal baginya ”. (Hadist Shahih Riwayat Tabrani).

17). Orang-orang lebih suka dengan nama-nama modern. Contoh laki-laki: Billy, Gunawan, Johan, dll Perempuan: Susan, Diah, Susi, dll tapi ngga mau pake nama yang islami . Contoh, Laki-laki: Ahmad, Hasan, Abdurrahman, Umar, dll Perempuan: Hasanah, Khadijah, Aisyah, Nisa, dll, Rasululloh bersabda: ” Sebaik-baiknya nama kalian adalah Abdullah, Abdurrahman, dan Al-Harist ”. (Hadist Shahih Riwayat Tabrani, lihat Shahih Jami’ 2369). Maka seharusnya kita harus bangga menggunakan nama yang Islami bukan yang tidak Islami.

18). Orang-orang sekarang gampang terayu dalam bujukkan Syaithan untuk memakai Obat-obatan terlarang apalagi Minuman Keras.

19). Orang-orang lebih suka sama produk baju bikinan orang kafir daripada produk Islami dengan pake Gamis, Jubah atau baju koko dan sarung sedangkan untuk perempuan diwajibkan untuk mengenakan Jilbab yang Syar’i dan pakaian yang syar’i pake cadar lebih baik dari pada ngga pake, dan ga usah takuyt dibilang ninja

20) Orang-orang merayakan/mengadakan dan mengikuti Hari Valentine’s Day yang nyatanya hari tersebut adalah hari peringatan untuk mengenang Pendeta Staint Valentine lebih jelas baca aja buku Ada apa dengan Valentine’s Day, Disusun oleh: Tim Pustaka Al-Sofwa, Terbitan, Pustaka Al-Sofwa, Jakarta juga Buku Nasihat Kepada kaum Muslimin, Karya: Syaikh Muhammad bin Shalih Al-’Utsaimin, Terbitan: Dar El-Hujjah

21) Orang-orang merayakan/mengadakan dan mengikuti Perayaan Hari Ulang Tahun dan Hari pergantian Tahun (Happy New Year/Selamat Tahun Baru) padahal Rasululloh dan para Shahabatnya tidak pernah melakukannya karena tidak pernah dicontohkan, dan Rasululloh bersabda: ” Barangsiapa yang mengadakan suatu amalan yang tidak ada contohnya dariku maka amalanya tertolak ”.(Hadist Shahih Riwayat Muttafaq’ Alaih) Perbuatan tersebut hukumnya Haram termasuk perbuatan Bid’ah artinya ngga ada contoh dari Rasululloh dan Shahabatnya tapi mereka ngelakuin itu semua.

[+/-] Read more...

Rahasia Dollar Amerika!!!

Pada postingan kali ini, gue bakalan bahas tentang pesan terselubung yang terdapat pada mata uang Amerika Serikat. Data ini dibuat dengan sebenar-benarnya dan dengan fakta kenyataan yang terjadi di dunia ini.

Sekarang kita kembali ke tragedi 911 (September 11) dimana gedung kembar WTC di New York runtuh ditabrak oleh dua buah pesawat, dan markas pertahanan keamanan militer Amerika, Pentagon juga rusak ditabrak pesawat. Tapi apa itu benar? Begitu mudahnya bangunan-bangunan kokoh berkonstruksi baja itu dapat tumbang? Memang ada perhitungan teori fisika yang membuat hal itu mustahil terjadi. Amerika Serikat berdiri kurang lebih 450 tahun yang lalu. Dimana saat itu ditetapkannya pula mata uang Amerika Serikat yang berwarna hijau itu. Dan sejak 450 tahun yang lalu pula mata uang Amerika tidak pernah direvisi. Sekarang coba kita telaah mata uang yang sejak 450 tahun yang lalu itu belum berubah bentuknya.
Dimulai dari uang 20 Dolar.
Ini uang 20 dollar
Sekarang coba lipat. (Mata uang ini belum pernah dirubah sejak 450 tahun yang lalu)
(Kalo ada yang bawa uang 20 Dolar Amerika, boleh dicoba)
Sekarang kita coba lipat lagi.
Sekarang kita lipat lagi seperti ini.
Kalo udah… lipat lagi seperti dibawah ini, dan lihat gambar yang dilingkari ini.
Apa ini???
Itu gambar Pentagon setelah ditabrak pesawat. Lihat gambar gedung yang berasap itu!
Sama kan??
Untuk kali ini terbukti bahwa uang 20 Dolar Amerika menyimpan rahasia tentang konspirasi penghancuran Pentagon. (oleh siapa? Mata uang ini kan punya Amerika sendiri??) Cukup untuk pesan terselubung Pentagonnya.
Sekarang kita ke New York dengan 20 Dolar yang setengah kusut ini, untuk melihat ada apa di sana.
Masih di 20 Dolar Amerika yang belum pernah dirubah sejak 450 tahun yang lalu.
Sekarang kita pakai sisi lain dari uang 20 Dolar ini. Langsung aja lipat seperti gambar di bawah ya! (Ikuti instruksi!)


Langsung saja kita lihat hasil karya lipatan kita…

Sepertinya kita kenal gedung itu!
Ya, bener banget…itu adalah gedung kembar WTC New York yang sekarang tinggal kenangan itu. Masih belum percaya?? Lihat ini!
(Inget bahwa mata uang ini belum pernah dirubah sejak 450 tahun yang lalu)
Bagian sebelah kiri ditabrak oleh Flight 175 dari United Airlines yang meluncur dari sebelah kanan gedung. Sementara bagian sebelah kanan ditabrak oleh Flight 11 yang dimiliki American Airlines yang meluncur dari sebelah kiri. Lihat tulisan di kanan dan di kiri uang, yang lengkapnya adalah The United State of America. (Lho? Memangnya 450 tahun yang lalu kedua perusahaan penerbangan itu sudah ada? Jawabannya, tentu saja belum. Bahkan ke 2 gedung itu -pentagon dan WTC- bahkan belum dibangun.)
Sekarang kita bahas bagian yang paling aneh dari 20 Dolar kita ini.
Lihat baik-baik gambar ini!
Nah loh! Sudahkan 450 tahun yang lalu OSAMA BIN LADEN lahir??
(Jangankan OSAMA, Buyutnya Kakek Buyutnya saja belum lahir.)
Untuk rahasia dibalik 20 Dolar ini, bisa ditemukannya dari kode :
911 (September 11) >> 9 + 11 = 20
Jadinya 20 Dolar!
Cukup untuk 20 Dolar, karena sudah kusut kita lipat-lipat sekarang kita tukarkan uangnya dengan
sebuah 5 Dolar dan sebuah 10 Dolar. Lihat ini!

Dalam 5 Dolar Amerika yang belum pernah dirubah sejak 450 tahun yang lalu juga terdapat
rahasia penghancuran WTC New York.
Sekarang kita lihat uang 10 Dolar kita!
Gedung pertama WTC yang sudah berasap.
Belum puas?? Lagi??
Sekarang kita pinjam uang 50 Dolar dari tetangga saya.
Ini WTC saat bangunannya runtuh.
Mau lagi?? Kita pinjam lagi 100 Dolar sama tetangga
Lho?? Apa ini??
Ini asap gambar asap dari WTC yang telah runtuh.
Detail sekali mereka membuat pesan terselubung ini!
Sampai-sampai gambar asapnya saja tidak lupa dibuat.
Sudah cukup melipat-lipatnya, kalau terlalu kusut nilai dolar yang kita punya jatuh.
Tahukah lo semua siapa yang membuat pesan terselubung ini???
Jawabannya ada di uang 1 Dolar! (Lagi-lagi uang!)
Lihat ini!!
Coba lihat 2 lambang yang ada di dalam 2 lingkaran itu!!
Nah loh!!! Ini lambang ILLUMINATI, organisasi super rahasia milik YAHUDI.
Liat lambang MATA HORUS dan TULISAN "NOVUS ORDO SECLOHUM"  artinya "NEW
WORLD ORDER" atau "TATA DUNIA BARU"
Nah loh!! Mau di jadikan apa kita sama orang-orang ZIONIS Yahudi itu??
Terus lihat yang ini!! Lambang bintang-bintang yang ada di atas kepala burung itu!
Bintang-bintang itu membentuk suatu lambang, yaitu lambang "DAVID STAR" lambang
kebanggaan YAHUDI.
Oh iya, untuk diketahui nomor pesawat Flight 11 yang menabrak WTC adalah :
Q33NY
Coba di copy paste nomor ini ke OFFICE WORD dan diblok lalu ubah font-nya ke wingdings.
Nanti hasilnya seperti ini
pesawat+kotak+kotak+toksik+bintang6
Cobain deh di Ms. Word
Artinya PESAWAT >> MENABRAK 2 GEDUNG >> KORBAN BERJATUHAN >>> DAN PELAKUNYA ADALAH YAHUDI
(Kalian pasti tidak asing dengan lambang ini)

[+/-] Read more...

10.23.2010

RED

Genre: Action & Adventure, Mystery & Suspense, Comedy

Pemain: Bruce Willis, Morgan Freeman, Helen Mirren, Mary-Louise Parker, John Malkovich, Karl Urban, Julian McMahon, Brian Cox, Richard Dreyfuss, James Remar, Rebecca Pidgeon, Ernest Borgnine

Tamggal Release: 15 Oktober 2010

Sutradara: Robert Schwentke

Studio: Summit Entertainment

Red adalah film terbaru Bruce Willis yang diadaptasi dari DC Comics karangan Warren Ellis and Cully Hamner yang bergenre action-comedy. Cerita film Red tentang agen-agen top CIA yang mengetahui sebuah rahasia dan rahasia tersebut membuat mereka akhirnya menjadi target utama dari agensi mereka sendiri. Mau tak mau mereka harus menggunakan pengalaman sebagai agen rahasia dan bekerja sama untuk bertahan hidup dari para pembunuh yang dikirim oleh orang-orang yang menginginkan kematian mereka. Untuk menghentikan keadaan tersebut mereka pun berusaha menuju markas rahasia CIA, di mana mereka akan menemukan salah satu konspirasi terbesar, yang selama ini tertutup dalam sejarah pemerintah.

Film ini rameeeee,,,silahkan menonton, gue aja yang biasanya tidur kalo lagi nonton, kali ini ikutn menikmati filmnya.

[+/-] Read more...

Jadi Zombie karena Kutu Penghisap Darah

Penyakit yang meyebabkan kulit penderitanya mirip dengan zombie di film-film horor mewabah di Uganda dan telah menewaskan 20 orang serta menyebabkan lebih dari 20.000 orang sakit dalam tempo dua bulan.

Jiggers, serangga kecil mirip dengan kutu, menjadi biang kerok epidemi yang menyebabkan kulit penderita menjadi busuk. Serangga ini biasanya masuk ke dalam tubuh melalui kaki. Begitu masuk, ia akan menghisap darah, tumbuh dan berkembang biak hingga jumlahnya mencapai ribuan. Seluruh bagian tubuh yang terkena, seperti bokong, kelopak mata, bahkan bibir, akan membusuk

Bila mengenai anak-anak, jiggers bisa menyebabkan kematian karena banyaknya darah yang dihisap. Menurut James Kakooza, menteri kesehatan Uganda, jiggers juga menjadi penyebab kematian dini pada anak remaja yang menderita penyakit lain. Pada orangtua, infeksi penyakit ini menyebabkan mereka tidak bisa berjalan atau bekerja.

"Ini merupakan epidemi yang sedang kami lawan, namun kami yakin seiring dengan waktu kami mampu melenyapkan jiggers," kata Kakooza.

Istilah medis untuk penyakit akibat tungau ini adalah tungiasis yang disebabkan oleh lalat pasir betina yang menggali masuk ke kulit. Penyakit ini ditemukan di bagian Amerika Latin dan Karibia, selain sub-Sahara Afrika. Serangga tersebut umumnya berkembang biak di lingkungan kotor dan berdebu.

Kakooza juga menyebutkan 12 distrik yang terkena infeksi jiggers adalah daerah miskin dengan tingkat kebersihan rendah. "Kami sudah menghimbau warga untuk menggunakan sabun medis. Jigger juga terbukti bisa dibasmi dengan disiramkan bensin serta parafin," katanya.

Wilayah yang paling parah terkena penyakit tungiasis di Uganda adalah Busoga, sekitar 150 kilometer dari Kampala, ibukota Ugada. Beberapa kasus baru juga dilaporkan terjadi di daerah tengah, sekitar 70 kilometer dari ibukota, sehingga menimbulkan kekhawatiran akan penyebaran penyakit ini ke seluruh negeri.

[+/-] Read more...

Yuuk..... Ketahui Positif Negatif Menikah Muda

Pernikahan bukan sekadar menyatukan dua pribadi ke dalam satu ikatan. Lebih dari itu, pernikahan merupakan sebuah keputusan besar menyangkut masa depan yang akan dan harus dihadapi oleh pemilihnya. Lalu, pertimbangan apa saja yang kemudian harus dilakukan sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah?

Jaman sekarang, sudah banyak pasangan muda memutuskan untuk menikah dengan pertimbangan menghindari maksiat. Kadang hal itu baik dilakukan, tapi ternyata ada juga nilai negatifnya.

Mengenai hal itu, psikolog dari Jagadnita Consulting, Dra Clara Istiwidarum K, MA, CPBC, memaparkan cara pandangnya.
Dimulai dari beberapa poin positif menikah muda, yaitu:

1. Usia dengan anak tak terpaut jauh
Ketika sepasang kekasih memutuskan menikah muda, maka ketika memiliki anak, usia mereka tidak akan berbeda jauh dengan usia anak.

2. Usia produktif lebih panjang
Kalau kedua pasangan menikah muda di usia dewasa awal (21-40 tahun), berarti dari mulai tahap perkembangan dewasa awal melangkah ke tahap perkembangan baru menjadi pasutri memiliki waktu yang lebih panjang. Perkembangan fisiologis dan biologisnya pun masih seimbang, sehingga masih bisa sejalan dan membuat hubungan lebih langgeng.

3. Belajar bersama
Kedua pasangan yang menikah di usia muda masih sama-sama dalam proses belajar banyak hal. Salah satu yang paling utama ialah mencoba belajar dengan berbagai cara menjadi seorang ibu dan ayah.

4. Dapat sejalan dengan anak
Saat menjadi orangtua di usia yang cenderung muda, ketika memiliki anak dapat memiliki cara pikir yang tidak terlalu beda, jadi memberi keuntungan untuk si anak. Sebab perbedaannya tidak terlalu jauh membuat pandangan mereka tidak terlalu terlihat.

Semua poin di atas, akan dapat terjadi manakala kedua pasangan sama-sama matang.

Sementara itu, poin negatif yang dapat dirasakan mereka yang memutuskan menikah muda, antara lain:

1. Faktor usia bukan penentu
Kematangan tidak ditentukan oleh faktor usia. Meskipun kedua pasangan yang memutuskan menikah telah masuk usia dewasa awal, tapi tahap perkembangannya belum sampai ke tahap itu. Maka yang terjadi ialah timbulnya cara berpikir yang beda. Semisal bagaimana membagi waktu antara keluarga dan pertemanan.
Saat pasangan yang tahap perkembangan emosionalnya belum matang, maka dia akan berusaha untuk selalu berada di dekat teman-temannya. Sebab dia belum mau meninggalkan fase bersenang-senang. Jadi, dia belum bisa berkomitmen penuh untuk menjadi seorang ayah atau ibu. Maka tak heran bila hal ini akan memicu konflik, sebab ketika seseorang menjalankan peran dan tugasnya akan berpengaruh terhadap hubungan mereka.

2. Perceraian
Ketika telah diketahui adanya tahap perkembangan emosional yang belum matang, saat kondisi tersebut berlangsung terus maka kemungkinan kedua belah pihak akan menyerah. Perceraian pun menjadi satu pilihan yang menarik.

3. Persiapan yang matang
Selain faktor kematangan, persiapan pun perlu diperhatikan. Artinya harus siap dan dipertimbangkan matang mengenai langkah yang akan ditempuh. Kalau hanya karena alasan untuk menghindari perbuatan dosa, maka merupakan langkah yang paling dangkal.
Karena lebih dari itu, pernikahan adalah sebuah ikatan suci di mana dua orang yang memutuskan terikat dalam sebuah pernikahan bertanggung jawab untuk saling membina sehingga akhirnya tercipta sebuah keluarga harmonis sesuai dengan harapan.

4. Dukungan keluarga
Sebuah pernikahan tak akan terwujud tanpa adanya dukungan dari keluarga. Untuk itu, Anda pun harus mengantongi restu keluarga.
Sebab pernikahan adalah suatu ikatan yang tak terbatas waktu, jadi dukungan orangtua dan keluarga sangat diperlukan di sini agar tidak akan terjadi kondisi menyerah di tengah jalan.

[+/-] Read more...

10.20.2010

Lagi seneng foto

Style narsis gw sih tetep biasa aja

Muka sama tangan beda warnanya, hahaha

Berasa ada yang mengkilap di gigi

Chubby banget >,<"

Ya ampun backgroundnya (¬_¬”)

ƪˇ)¬ la la la


\(˘˘)/ Lov u all ...

SEKIAN DAN TERIMAKASIH

[+/-] Read more...

10.18.2010

Eat Pray Love di Bali

Italia, India, dan Indonesia adalah tiga negara yang mendapat peran penting di film Eat Pray Love. Bukan hanya sebagai setting film, tapi juga berhubungan erat dengan jalan cerita secara keseluruhan. Seperti apa keindahan Indonesia, terutama Bali, digambarkan dalam film yang dibintangi Julia Roberts ini.

Film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama itu berkisah mengenai petualangan penulis Elizabeth Gilbert setelah diramal oleh seorang dukun di Ubud, Ketut Liyer. Karena tak bahagia dengan perkawinannya, ia lalu mencari kepuasaan pada makanan (eat) di Italia berlanjut pada aktivitas meditasi di India. Namun, rasa cinta dan gairahnya baru ditemukan setelah ia tinggal di Ubud, Bali.

Begitu gue nonton film ini, kesan pertama adalah, seru.. Tapi sayangnya keindahan Bali kurang banyak di ekplor, cuma beberapa tempat aja yang di tayangin. And then, taukah loe semua kalo transportasi di India lebih mumet daripada di Indonesia, kalo di negeri kita terciinta sih masih lumayan tertib, meskipun di jalan tol ke Jakarta itu kalo nyusul banyak yang dari jalur kiri. Disana juga ternyata masih banyak wilayah yang kumuh gitu deh,,

Sebenernya masih banyak sih wisata di nusantara yang indah-indah, diantaranya ada, Bunaken, Lombok, Karimun Jawa dan masih banyak lagi. Gue sih bercita-cita kalo bulan madu ntar ngga akan jauh-jauh keluar Indonesia, alesannya selain boke alias teu boga duit, wisata di Indonesia masih banyak ko yang bagus-bagus, Pengen banget deh ke Lombok, asli... Semoga impian gue tercapai . Amin

[+/-] Read more...

10.16.2010

Pake Behel

yeah... akhirnya... kesampean juga rapihin gigi . Adaaa aja kemauannya, keinginan yang satu ini nih, pengen banget gue rapihin nie gigi supaya lebih manis, akaka~ pasalnya si gigi tu yg atasnya nyengsol satu, terus gigi bawah g beraturan posisinya,, ngga indah deh kalo diliat Hari ini semuanya kesampean, meskipun maksain,,akaka~ pasang baru atas doang pula, maklumlah,, manusia berkantong tipis itu gue banget. gue punya sedikit tips nih buat lo lo semua yang mau pake behel.

==> Siapin duit yang cukup yaa sekitar 10 juta itu aman
==> Siapin mental, soalnya kalo baru pertama ngilunyaa....ampuuuunnn deh
==> Dateng ke dokter/ahli gigi
==> Pilih kualitas behel yg bagus,biar giginya ngga karatan, haha (besi kali karatan
==> Pilih warna yang lucu dan cocok dengan kulit lo, jangan sekali2 pake warna yang terlalu cerah,g bagus deh dijamin, jangan pake warna kuning ngejrenk atau hijau pucat, ntar disangka giginya lumutan,,, hahahaha
==> Ceritanya behel udah dipasang nih, rawatlah giginya dengan baik
==> Rajin sikat gigi pake yang khusus tiap habis makan, biar g numbuh karang gigi
==> Rajin kontrol
==> Kalo ada sariawan pake minuman penyegar aja, itu teh si mulut belum biasa ada benda asing
==> Kalo ada kawat nusuk minta wax aja ke dokternya
==> Smile selalu, sekalian pamer,,, hahahaha

Ok deh, segitu aja kalie tips dari gw, pokonya kesan pertama pake behel,, lliiiiinnnnuuuuuuuuu gilaaa...

selamat merasakan

[+/-] Read more...

10.15.2010

Ocehan Gue(Bete!)

Bete pisan lah urang poe ieu! teuing kunaon...
Nyari duit susah banget dehh -_-, belajar juga bikin pusing, apalagi pacaran bikin stressss... AAArrrggg...! biarkan gue tenang untuk beberapa saat.... aja, tanpa ad mslh kerja,kul,pcr.. jangar aenk.. Mungkin semua salah jalan, mstnya ggue konsisten, antra semuanya... apa yg mesti gue korbanin skrg???pacaran???

[+/-] Read more...

10.13.2010

Tugas Pancasila (III. PROKLAMASI KEMERDEKAAN BANGSA INDONESIA 1945)

Pada tanggl 7 Agustus 1945 dibentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang beranggotakan 21 orang termasuk ketua dan wakil ketua. Panitia tersebut diketuai oleh Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta sebagai wakilnya.
Setelah menerima kepastian bahwa Jepang telah menyerah tanpa syarat kepada sekutu segera rakyat Indonesia mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dan dalam proses persiapan tersebut sempat terjadi perselisihan antara golongan muda dan golongan tua tentang waktu dan pelaksanaan proklamasi. Sehingga golongan muda mengasingkan Soekrano ke Rengasdengklok untuk menghindari pengaruh dari Jepang. Pada malam pelaksanaan proklamasi Indonesia Soekarno dan Hatta pergi kerumah Laksamana Maeda untuk membicarakan konsep Proklamasi beserta naskah proklamasi tersebut. Yang turut hadir disana adalah B.M. Diah, Bakri, Sayuti Melik, Dr. Buntaran, Mr. Iwakusuma Sumantri dan beberapa anggota PPKI yang lain. Dan pada pagi harinya pada tanggal 17 Agustus 1945 di Pegangsaan Timur 56 Jakarta, tepat hari Jum’at jam 10 wib Bung Karno dengan didampingi oleh Hatta membacakan naskah Proklamasi.

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain, diselenggarakan dengan cara saksama dan dalam tempo sesingkat-singkatnya,

Jakarta, hari 17, bulan 8, tahun 45
Atas nama bangsa Indonesia
Soekarno-Hatta

[+/-] Read more...

Tugas Pancasila (II. PERJUANGAN BANGSA INDONESIA MELAWAN SISTEM PENJAJAH)

1. Perkembangan Kerajaan Islam
Beberapa Pendapat Tentang Awal Masuknya Islam di Indonesia.

a.Islam Masuk ke Indonesia Pada Abad ke 7:
1)Catatan perjalanan Al mas’udi, pada tahun 675 M, terdapat utusan dari raja Arab Muslim yang berkunjung ke Kalingga.
2)Dari Harry W. Hazard dalam Atlas of Islamic History (1954), kaum Muslimin masuk ke Indonesia pada abad ke-7 M yang dilakukan oleh para pedagang muslim yang selalu singgah di sumatera dalam perjalannya ke China.
3)Dari Gerini dalam Futher India and Indo-Malay Archipelago, kaum Muslimin sudah ada di kawasan India, Indonesia, dan Malaya antara tahun 606-699 M.

4)Prof. Sayed Naguib Al Attas dalam Preliminary Statemate on General Theory of Islamization of Malay-Indonesian Archipelago (1969), kaum muslimin sudah ada di Malaya-Indonesia pada 672 M.
5)Prof. Sayed Qodratullah Fatimy dalam Islam comes to Malaysia pada tahun 674 M, kaum Muslimin Arab telah masuk ke Malaya.
6)Prof. S. muhammmad Huseyn Nainar, dalam makalah ceramahnay kaum Muslimin India pada tahun 687 sudah ada hubungan dengan kaum muslimin Indonesia.
7)W.P. Groeneveld dalam Historical Notes on Indonesia and Malaya Compiled From Chinese sources, Hikayat Dinasti T’ang memberitahukan adanya Aarb muslim berkunjung ke Holing (Kalingga, tahun 674).
8)T.W. Arnold dalam buku The Preching of Islam a History of The Propagation of The Moslem Faith, Islam datang dari Arab ke Indonesia pada tahun 1 Hijriyah (Abad 7 M)

b)Islam Masuk Ke Indonesia pada Abad ke-11:
Diketemukannya makam panjang di daerah Leran Manyar, Gresik, yaitu makam Fatimah Binti Maimoon dan rombongannya. Pada makam itu terdapat prasati huruf Arab Riq’ah yang berangka tahun (1082 M)

c)Islam Masuk Ke Indonesia Pada Abad Ke-13:
1.Catatan perjalanan marcopolo, menyatakan bahwa ia menjumpai adanya kerajaan Islam Ferlec (mungkin Peureulack) di aceh, pada tahun 1292 M.
2.K.F.H. van Langen, berdasarkan berita China telah menyebut adanya kerajaan Pase (mungkin Pasai) di aceh pada 1298 M.
3.J.P. Moquette dalam De Grafsteen te Pase en Grisse Vergeleken Met Dergelijk Monumenten uit hindoesten,menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke 13.
4.Beberapa sarjana barat seperti R.A Kern; C. Snouck Hurgronje; dan Schrieke, lebih cenderung menyimpulkan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-13, berdasarkan saudah adanya beberapa kerajaaan islam di kawasan Indonesia.

Sejak saat itulah berbagai kerajaan islam berkembang, seperti Aceh, Banten, Demak, Mataram, Cirebon, Pajang, dan lain-lain.
Gujarat (India)
Pedagang islam dari Gujarat, menyebarkan Islam dengan bukti-bukti antar lain:
1. ukiran batu nisan gaya Gujarat.
2. Adat istiadat dan budaya India islam.
Persia
Para pedagang Persia menyebarkan Islam dengan beberapa bukti antar lain:
1. Gelar “Syah” bagi raja-raja di Indonesia.
2. Pengaruh aliran “Wihdatul Wujud” (Syeh Siti Jenar).
3. Pengaruh madzab Syi’ah (Tabut Hasan dan Husen).
Arab
Para pedagang Arab banyak menetap di pantai-pantai kepulauan Indonesia, dengan bukti antara lain:
1. Menurut al Mas’udi pada tahun 916 telah berjumpa Komunitas Arab dari Oman, Hidramaut, Basrah, dan Bahrein untuk menyebarkan islam di lingkungannya, sekitar Sumatra, Jawa, dan Malaka.
2. munculnya nama “kampong Arab” dan tradisi Arab di lingkungan masyarakat, yang banyak mengenalkan islam.
China
Para pedagang dan angkatan laut China (Ma Huan, Laksamana Cheng Ho/Dampo awan ?), mengenalkan islam di pantai dan pedalaman Jawa dan sumatera, dengan bukti antar lain :
1. Gedung Batu di semarang (masjid gaya China).
2. Beberapa makam China muslim.
3. Beberapa wali yang dimungkinkan keturunan China.

Dari beberapa bangsa yang membawa Islam ke Indonesia pada umumnya menggunakan pendekatan cultural, sehingga terjadi dialog budaya dan pergaulan social yang penuh toleransi (Umar kayam:1989)
Proses awal penyebarannya melalui:
1. Perdagangan dan Perkawinan
2. Pembentukan masyarakat Islam
3. Gerakan Dakwah, melalui dua jalur yaitau:
a. Ulama keliling menyebarkan agama Islam (dengan pendekatan Akulturasi dan Sinkretisasi/lambing-lambang budaya).
b. Pendidikan pesantren (ngasu ilmu/perigi/sumur), melalui lembaga/sisitem pendidikan Pondok Pesantren, Kyai sebagai pemimpin, dan santri sebagai murid.
Dari ketiga model perkembangan Islam itu, secara relitas Islam sangat diminati dan cepat berkembang di Indonesia.

2. Penjajah Barat dan Perlawanan Bangsa Indonesia
a. Tonggak Sejarah
Pada abad ke-16 berlayarlah bangsa-bangsa Eropa ke wilayah Timur. Diantaranya adalah Portugis, Spanyol, Inggris, dan Belanda. Tujuan mereka mencari rempah-rempah. Selain itu mereka juga menyebarkan agama Kristen. Setelah sampai di Nusantara timbullah keserakahan mereka. Semula mereka hanya berdagang kemudian mereka ingin menguasai Nusantara.

b. Penjajahan Portugis dan Spanyol
Bangsa asing pertama yang masuk ke Indonesia adalah orang-orang Portugis dan Spanyol. Namun lama kelamaan bangsa Portugis dan Spanyol mulai menunjukkan peranannya dalam bidang perdagangan yang meningkat menjadi praktek penjajahan misalnya. Malaka sejak tahun 1511 dikuasai oleh Portugis.

c. Penjajahan Belanda dan Inggris

Penjajahan Belanda
Tanggal 22 Juni 1596 , Belanda pertama kali mendarat di Banten (Jawa Barat), Dipimpin oleh Cornelis De Houtman.
Tahun 1958, Kedua kalinya Belanda mendarat di Banten dengan dipimpin oleh Jacob Van Neck. 20 Maret 1602, Belanda mendirikan kongsi dagang VOC di Batavia.Sekilas tentang VOC:
1. VOC = Kongsi dagang Belanda di India Timur
2. TUJUAN VOC BERDAGANG :
* Mencari Kekayaan atau Rempah-rempah
* Menunjukkan bahwa bangsa Belanda Terhormat
* Menyebarkan Agama Nasrani
* Melawan para pesaingnya dari dalam maupun luar, spt, Portugis, Spanyol, Inggris
3. VOC memaksakan sistem Monopoli
4. Sistem Monopoli adalah Menguasai perdagangan
5. VOC mendapat Hak Istimewa (hak Octrooi), diantaranya :
* Membuat Uang Sendiri
* Melakukan Perang dan Perdamaian
* Membuat benteng dan angkatan perang
* Mengatur pemerintahan Kongsi
* Menguasai daerah
* Memonopoli perdagangan antara daerah : Tanjung Harapan dan selat Magelhaens Pulau farmosa dan New Zaeland
6. Gubernur Jenderal VOC pertama : Pieterboth, di Ambon.
7. Pieterboth melakukan monopoli Perdagangan.
8. Gubernur Jenderal VOC kedua : J.P Coen
9. J.P Coen memindahkan pusat VOC dari ambon ke Batavia
10. J.P COEN Mengganti nama Jayakarta menjadi Batavia

Sebab-sebab mudah Menguasai daerah-daerah di indonesia :
1. Karena tidak ada persatuan diantara raja-raja di Indonesia
2. Peralatan perang VOC lebih Lengkap
3. VOC melakukan politik Perang, Perjanjian, Adu Domba, memecah belah
4. VOC menggunakan sistem perdagangan :
* Monopoli
* Penjualan wajib ( Verplichte Leveranties )
* Penyerahan Wajib ( Contingenten )

VOC dibubarkan pada 31 Desember 1799 penyebabnya adalah
1. Pejabat VOC korupsi
2. Biaya perang sangat besar
3. Kalah bersaing dengan pedagang inggris dan perancis
4. Para pegawai VOC melakukan perdagangan gelap
Kerja paksa jaman penjajahan belanda, disebut kerja rodi.
* Tokoh yang menerapkan Kerja Rodi : Dandles
* Kerja Rodi : rakyat dipaksa membuat jalan kereta api dari Anyer(jawa Barat) hingga Panarukan (jawa Timur).
* Penentang kerja rodi dari sumedang : Pangerab kusumadinata
Tanam Paksa ( Cuultur Stelsel )
* Tokoh Belanda yang menerapkan tanam paksa : Van Den Bosch
* Orang belanda penentang tanam paksa : Douwwes Dekker & Van Hauval,Ia menulis buku berjudul MAX HAVEELAR

Penjajahan Inggris
Penjajahan Inggris di Indonesia di mulai dari kebijakan pemerintahan Thomas Stamford Raffles,di bidang:
1) Bidang Birokrasi Pemerintahan,
2) Bidang Ekonomi dan Keuangan, Penghapusan pajak hasil bumi (contingenten) dan sistem penyerahan wajib (verplichte leverantie) yang sudah diterapkan sejak zaman VOC. Menetapkan sistem sewa tanah (landrent. Pemungutan pajak secara perorangan. Mengadakan monopoli garam dan minuman keras.
3) Bidang Hukum, Sistem peradilan yang diterapkan Raffles lebih berorientasi pada besar kecilnya kesalahan.
4) Bidang Sosial, Penghapusan kerja rodi (kerja paksa) Penghapusan perbudakan, tetapi dalam praktiknya ia melanggar undang-undangnya sendiri dengan melakukan kegiatan sejenis perbudakan. Peniadaan pynbank (disakiti), yaitu hukuman yang sangat kejam dengan melawan harimau.
5) Bidang Ilmu Pengetahuann, Ditulisnya buku berjudul History of Java di London 1817 dan dibagi dua jilid. Ditulisnya buku berjudul History of the East Indian Archipelago, di Eidenburg 1820 dan dibagi tiga jilid. Raffles juga aktif mendukung Bataviaach Genootschap, sebuah perkumpulan kebudayaan dan ilmu pengetahuan. Ditemukannya bunga Rafflesia Arnoldi. Dirintisnya Kebun Raya Bogor.

d. Perlawanan Bangsa Indonesia
==> Sultan Agung : 1628 dan 1629 [Gelar Sultan Agung Senapati Ing Alogo Ngabdurrachman] : Memimpin perlawanan terhadap VOC Di Batavia.
==> Sultan Hassanuddin : 1654-1669
Memimpin perlawanan terhadap VOC Di Sulawesi Selatan
==> Untung Suropati :
Memimpin perlawanan terhadap VOC di Pasuruan Jawa Timur
==> Sultan Ageng Tirtayasa: 1650–1682
Memimpin perlawanan terhadap VOC di daerah Banten
Gelar : Sultan Abdul Kahar (Sultan HaJi).
==> Perlawanan Pattimura / Thomas Matulessi : 1817
a. Memimpin perlawanan di Saparua, Maluku. Merebut benteng Duurstede (16 mei 1817)
b. Dibantu oleh : Anthony Ribok, Philip Latumahina, Ulupaha, Paulus Tiahahu, dan seorang pejuang wanita Christina Martha Tiahahu
c. 16 Desember 1817, Pattimura dihukum gantung di depan Benteng Victoria di Ambon.
==> Perang Padri : 1821-1837 ó Minangkabau, Sumatra Barat.
a. Penyebab terjadinya perang : Pertentangan antara kaum adat (dibantu oleh belanda) dan kaum agama (kaum Padri : dipimpin Oleh Tuanku Imam Bonjol.).
b. Tuanku Imam Bonjol dikenal juga dengan nama Muhamad Sahab.
==> Perang Diponegoro (Ontowiryo) dari Yogyakarta (1825 – 1830)
Penyebab terjadinya perang : kekecewaan Pangeran Diponegoro atas campur tangan Belanda terhadap istana dan tanah tumpah darahnya. Kekecewaan itu memuncak ketika Patih Danureja atas perintah Belanda memasang tonggak-tonggak untuk membuat rel kereta api melewati makam leluhurnya.
a. Sahabat yang membantu perang : Pangeran Mangkubumi Pangeran Ngabehi Jayakusuma, Sentot Ali Basyah Prawiradirja, Kyai Mojo mengobarkan Perang Sabil
b. Pernah mengasingkan diri ke Tegal Rejo, dan Bukit Selarong
c. Jenderal De Kock (Belanda) menerapkan taktik perang benteng stelsel
d. TH 1834 ó P. Diponegoro di tangkap dan di tahan di benteng Fort Rotterdam di makasar.
==> Perang Banjarmasin :1859 -1863
Di pimpin oleh : Pangeran Antasari
==> Perang Bali : 1846-1868
a. Penyebab : Belanda ingin menghapus hukum tawan karang dan memaksa Raja-raja Bali mengakui Kedaulatan Belanda di Bali.
b. Hukum Tawan Karang ó kerajaan berhak merampas dan menyita barang serta kapal-kapal.
c. Perang bali : perang Puputan (berperang sampai titik darah terakhir).
d. Perang Puputan Badung (1906), Perang Puputan Kusumba (1908), dan Perang Puputan Klungkung (1908)
e. Pemimpin Perang ó Raja Buleleng dibantu oleh Gusti Ketut Jelantik Perang Sisingamangaraja XII : 1870-1907 ó Kerajaan Bakara, Tapanuli, Sumatera Utara
f. Di pimpin oleh : Sisingamangaraja
g. Tahun 1907, pasukan Belanda menyerang kubu pertahanan pasukan Sisingamangaraja XII di Pakpak. Sisingamangaraja gugur dalam peperangan.
h. Jenazahnya dimakamkan di Tarutung, kemudian dipindahkan ke Balige
==>Perang Aceh :1873-1906
a. Pemimpin-pemimpin Aceh antara lain : Panglima Polim, Teuku Cik Ditiro,
b.Teuku Ibrahim, Teuku Umar, dan Cut Nyak Dien.
c. Perang gerilya membuat pasukan Belanda kewalahan
d. Belanda menyiasatinya dengan stelsel konsentrasi, yaitu memusatkan
pasukan supaya pasukannya dapat lebih terkumpul.
e. Tahun 1899, Teuku Umar gugur dalam pertempuran di Meulaboh.
f. Pasukan Cut Nyak Dien yang menyingkir ke hutan dan mengadakan
perlawanan juga dapat dilumpuhkan.

3. Kebangkitan Nasional

Pada abad ke XX politik internasional menampakkan wajah baru, yaitu dengan terjadinya kebangkitan Dunia Timur dengan suatu kesadaran akan kekuatan.
==> Kegagalan perjuangan sebelum tahun 1908 disebabkan oleh beberapa hal:
1. Belum ada persatuan dan kesatuan diseluruh nusantara
2. Perjuangan masih bersifat kedaerahan
3. Kalah dalam persenjataan dan teknik perang
==> Tokoh penting dalam kebangkitan nasional antara lain:
1. Raden Ajeng Kartini
a. Lahir di Jepara 21 April 1879 Jawa Tengah ingin memajukan kaum wanita sederajat dengan pria.
c. Buku yang di tulis : Habis Gelap Terbitlah Terang
d. Julukan : Pahlawan emansipasi wanita
Organisasi Kebangkitan Nasional antara lain:

==> ORGANISASI BUDI UTOMO
1. organisasi ini adalah para pemuda pelajar STOVIA yaitu : Sutomo, M.Suraji, Muhammad saleh, M Suwarno, M Gunawan, RM Gumbreg, R Angka.
2. ORGANISASI BUDI UTOMO adalah organisasi modern pertama di Indonesia.
• Tujuan BUDI UTOMO :
1. Meningkatkan Derajad dan martabat bangsa indonesia dengan jalan memajukan pendidikan dan pengajaran.
2. Meningkatkan ekonomi rakyat dan mempererat kehidupan sosial
• 20 Mei sebagai hari kebangkitan nasional.

==> ORGANISASI SERIKAT DAGANG ISLAM ( SDI )
a. Didirikan oleh  Haji Samanhudi (1911) di Solo.
b. Anggota adalah para pedagang islam di kota solo.
c. Tujuan organisasi  meningkatkan kesejahteraan bangsa di bawah panji Islam.

==> ORGANISASI SERIKAT ISLAM ( SI )
a. Th 1912  SDI berubah nama menjadi Sarekat Islam (SI).
b. Bertujuan untuk memperluas jangkauan dan ruang geraknya demi memajukan kehidupan agama Islam di Indonesia.
c. Serikat islam berusaha untuk menaikkan upah kerja, membela para petani yang tertindas, membela rakyat kecil yang diperlakukan sewenang-wenang oleh penguasa.

==> ORGANISASI MUHAMMADIYAH
a. 18 November 1912  Muhammadiyah didirikan oleh Kiai Haji Ahmad Dahlan di Yogyakarta.
b. Organisasi ini bergerak di bidang sosial dan budaya.
c. Tujuan Muhammadiyah adalah menjunjung tinggi agama Islam dan hidup menurut Islam.
d. Upaya – upaya / usaha yang dilakukan Muhammadiyah :
• Mendirikan Sekolah-sekolah
• Mendirikan Rumah sakit dan Poliklinik
• Mendirikan Panti asuhan

==> INDISCHE PARTIJ
a. Didirikan oleh  TIGA SERANGKAI pada tgl 25 Desember 1912, di Bandung.
b. Tokoh – tokoh Tiga serangkai  KI HAJAR DEWANTARA, Danudirja Setiabudi (Douwes Dekker), dan Cipto Mangunkusumo.
c. INDISCHE PARTIJ ber asaskan nasionalisme dan nonkooperasi.
d. Tujuan INDISCHE PARTIJ  Membangun rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air di dalam hati bangsa indonesia.

==> PERHIMPUNAN INDONESIA ( PI ) atau Indische Vereniging
a. Didirikan oleh  Tahun 1922, oleh para pemuda indonesia yang belajar di belanda..
b. Tokoh – tokoh PI yang terkenal  Moh. Hatta (ketua), ahmad subardjo, sukiman, Ali sastroamidjoyo, dan lain-lain.
c. Tujuan PI  Menuntut indonesia merdeka.

==> PERGURUAN TAMAN SISWA
d. Didirikan oleh  Ki HAJAR DEWANTARA tahun 1922 di Yogyakarta.
e. Tujuan TAMAN SISWA  Mendidik pemuda berjiwa kebangsaan yang kuat, cinta terhadap tanah air, bangsa dan kebudayaan indonesia.
f. Semboyan ing ngarso sungtulodo, Ing Madyo mangunkarso, Tut wuri handayani.
g. 2 Mei sebagai Hari pendidikan Nasional.
ya sendiri.

Peranan Sumpah Pemuda
Dipimpin oleh R. Satiman Wirjosandjojo. Tahun 1918 berganti nama dengan Jong Java. Tahun 1917 Moh. Hatta mendirikan Jong Sumatranen Bond (JSB). Tahun 1918 pemuda Ambon mendirikan Jong Ambon. Setelah itu menyusul Jong Celebes, Jong Batak, dan Sekar Rukun (Sunda). Tujuan mulia Trikoro Darmo yaitu sakti, budi, dan bakti. Pada bulan Nopember 1925 organisasi itu mengadakan pertemuan di Jakarta dan sepakat untuk berkumpul kembali. Pada bulan April 1926 diadakan kongres pemuda I di Jakarta. Ketuanya adalah M. Tabrani dan Sumarto sebagai wakilnya. Sekretarisnya adalah Jamaludin Adinegoro, dan Suwarso sebagai bendaharanya. Pada tanggal 27–28 Oktober 1928 diadakan Kongres Pemuda II. Ketua : Soegondo Djojopuspito Wakil Ketua : Djoko Marsaid Sekretaris : Moh. Yamin Bendahara : Amir Syarifudin. Kongres Pemuda II menghasilkan Ikrar Sumpah Pemuda. Sebelum sumpah pemuda dibacakan dinyanyikan lagu Indonesia Raya oleh W.R. Supratman, setelah itu setiap pertemuan dimulai dinyanyikan lagu Indonesia Raya untuk menggugah semangat pemuda. Pada tanggal 22 Desember 1928 diadakan kongres organisasi wanita di Yogyakarta. Tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu. Untuk membantu militer Jepang dibentuk organisasi Seinendan, Fujinkai, Bogodan (pembantu polisi), Keibodan dan Heiho (pembantu prajurit). Tahun 1943 dibentuk PETA (tentara pembela tanah air) dan giguyun (tentara suka rela) yang bertugas mempertahankan wilayahnya. Untuk kepentingan perang Jepang, rakyat diperas dan dipaksa bekerja. Jepang menggerakkan pekerja paksa yaitu Romusha.

Zaman Penjajahan Jepang
Akibat penjajahan Jepang, rakyat kelaparan, kurang pangan, dan sandang. Rakyat dipaksa menanam padi sebanyak-banyaknya dan jarak untuk dijadikan pelumas mesin-mesin dan pesawat. Jepang berkuasa di Indonesia selama kurang lebih tiga setengah tahun. Beberapa tokoh pahlawan yang mengadakan perlawanan terhadap Jepang, yaitu Teungku Abdul Jalil dan Tengku Abdul Hamid memimpin perlawanan di Aceh tahun 1942 dan 1944. K.H. Zainal Mustafa di Singaparna Tasikmalaya Jawa Barat tahun 1944. Pang Suma di Tayan Pontianak Kalimantan Barat tahun 1944. L.Roemkorem di Papua tahun 1943. Supriyadi di Blitar Jawa Timur tanggal 14 Februari 1945.
Jepang menjanjikan kamardekaan tanpa syarat kapada bangsa indonesia. Bahkan/mendapatkan simpati&dukungan dari bangsa indonesia maka sebagai realisasi janji tersebut maka di bentuklah suatu badan yang bertugas / menyelidiki usaha-usaha persiapan kemerdekaan indonesia yaitu badan penyelidik usaha-usaha kemerdekaan indonesia {BPUPKI} Setelah Belanda jatuh ketangan tentara nazi Jerman jepang masuk ke Indonesia dengan propaganda “Jepang Pemimpin Asia, Jepang saudara tua banngsa Indonesi”. Karena terdesak oleh prelawanan Sekutu Barat, maka jepang berjanji akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia kelak dikemudian hari dan direalisasikan dengan membentuk Badan Penyelidik Usaha-usaha Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI)
BPUPKI melakuakan beberapa kali sidang yaitu: sidang yang pertama, membahas tentang dasar Negara sedangkan yang kedua, membahas tentang Undang-undang Negara merdeka. Ada beberapa usul tentang Dasar Negara yang disampaikan oleh:
Mr. Muh. Yamin (29 Mei 1945)
a. Peri kebangsaan
b. Peri kemanusiaan
c. Peri ketuhanan
d. Peri kerakyatan
e. Kesejahteraan rakyat

Ir. Soekarno (1 Juni 1945)
a. Nasionalisme (kebangsaanIndonesia)
b. Internasionalisme (peri kemanusiaan)
c. Mufakat (demokrasi)
d. Kesejahteraan social
e. Ketuhanan Yang Maha Esa (Ketuhanan)

[+/-] Read more...

Tugas Pancasila (I. PENGANTAR)

1. Pertumbuhan Bangsa Indonesia
a. Brdasarkan Pandangan Ilmu pengetahuan
Charles Darwin
Teori evolusi menyatakan bahawa manusia berasal daripada binatang, khususnya dari binatang yang berupa mawas manusia. Teori beliau menumpukan perhatian kepada bagaimana bentuk hewan yang simpel berevolusi untuk menjadi bentuk yang kompleks. Darwin menamakan proses ini sebagai“evolusi melalui seleksi alam” (survivalof the fittest). Ia kemudian mempublikasikan pandangannya ini dalam bukunya yangberjudul “The Origin of Species, By Meansof Natural Selection” pada tahun 1859.
Buku “The Descent of Man” mengutarakan penerapan teori Darwin pada evolusi manusia, dan merinci teori seleksi seksual. Di samping itu diuraikan juga dalam buku tersebut masalah terkait seperti psikologi evolusi, etika evolusi, perbedaan antar-ras manusia, perbedaan antara kelamin manusia, dan sangkut-paut teori evolusi dengan masyarakat manusia.

Ernest Heinrich Haeckel
Ernest berpendapat bahwa Dunia ini menurut Haeckel adalah kekal, tak ada permulaan, dan hidup tercipta dengan sendirinya secara mekanis.
Sir Ambrose Flenning
Ia berpendapat bahwa ini adalah suatu penciptaan, dan menolak teori evolusi.

Teori Darwin tentang asal muasal manusia yang berasal dari makhluk sejenis kera perlu mendapat pembuktian. Artinya, untuk sampai pada bentuk manusia seperti sekarang ini haruslah ada sejenis makhluk peralihan yang dapat menjembatani antara kera dengan manusia. Pada kurun waktu beberapa tahun makhluk ini tidak dapat ditemukan sehingga kemudian dikenal konsep missing link yang artinya terputusnya rantai yang dapat menghubungkan antara makhluk awal dengan manusia modern. Pada akhirnya, banyak orang meragukan teori yang dikemukakan oleh Darwin.

b. Berdasarkan Pandangan Agama
Kitab Al’Quran Surat Al-Hijr : 26
“Dan sesungguhnya Kami telah meciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk”
Kitab Injil
Genesis 17:24,Genesis 21: 4

c. Penemuan Manusia Purba
Missing link pada akhirnya dapat dipecahkan oleh penemuan fosil-fosil diantaranya :
Eugene Dubois
Pithecanthropus Erectus : Trinil, Jawa Timur, pada tahun 1891.
G.H.R von Koenigswald (1936 -1941)
• Homo Mojokertensis : Sepanjang Lembah Sungai Solo, pada tahun 1936.
• Meganthropus Paleojavanicus : Sangiran Lembah SungaiSolo
• Homo Soloensis : (manusia dari Solo).
• Pithecanthropus Robustus: plestosem bawah
• Homo Wajakensis : Wajak, Tulung Agung, Kediri.

d. Asal Usul Bangsa Indonesia
Sebenarnya terdapat beberapa teori yang membahas tentang asal-usul manusia yang sekarang menghuni wilayah Nusantara ini. Teori-teori tersebut antara lain sebagai berikut.

Teori Yunan
Secara keseluruhan, alasan-alasan yang menyokong teori ini yaitu sebagaiberikut.
1) Kapak Tua yang ditemukan di wilayah Nusantara memiliki kemiripan dengan Kapak Tua yang terdapat di Asia Tengah.
2) Bahasa Melayu yang berkembang di Nusantara serumpun dengan bahasa yang ada di Kamboja. Kemiripanbahasa Melayu dengan bahasa Kamboja sekaligus menandakan pertaliannyadengan Dataran Yunan.

Kedatangan mereka ke Kepulauan Nusantara ini melalui tiga gelombang utama, yaitu perpindahan orang Negrito, Melayu Proto, dan juga Melayu Deutro.
Orang Negrito merupakan penduduk paling awal di Kepulauan Nusantara. Orang Negrito mempunyai ciri-ciri fisik berkulit gelap, berambut keriting, bermata bundar, berhidung lebar, berbibir penuh, serta ukuran badan yang pendek.
Melayu Proto, perpindahannya ke Nusantara diperkirakan terjadi pada 2.500 SM. Mereka mempunyai peradaban yang lebih majudari pada orang Negrito. Hal ini ditandai dengan kemahirannya dalam bercocoktanam.
Melayu Deutro, perpindahan orang Melayu Deutro merupakan gelombang perpindahan orang Melayu kuno kedua yang terjadi pada 1.500 SM. Mereka merupakan manusia yang hidup di pantai dan mempunyai kemahiran dalam berlayar.

Teori Nusantara
Teori ini menyatakan bahwa asal mula manusia yang menghuni wilayah Nusantara ini tidak berasal dari luar melainkan mereka sudah hidup dan berkembang di wilayah Nusantara itu sendiri. Teori Nusantara didasarkan pada alasan-alasan seperti di bawah ini:
1) Bangsa Melayu dan bangsa Jawa mempunyai tingkat peradaban yang tinggi.
2) K. Himly tidak setuju dengan pendapat yang mengatakan bahwa bahasa Melayu serumpun dengan bahasa Champa (Kamboja).
3) Manusia kuno Homo Soloensis &Homo Wajakensis yang terdapatdi Pulau Jawa.
4) Bahasa yang berkembang di Nusantara yaitu rumpun bahasa Austronesia.

Teori “out of Africa”
Hasil penelitian mutakhir/kontemporer menyatakan bahwa manusia modern yang hidup sekarang ini berasal dari Afrika. Setelah mereka berhasil melalui proses evolusi dan mencapai taraf manusia modern, kemudian mereka bermigrasi ke seluruh benua yang ada di dunia ini. fosil-fosil manusia purbayang ditemukan di Indonesia atau khususnya di daerah Jawa Tengah danJawa Timur tidak mempunyai hubungan langsung dengan manusia modern.

Kebudayaan Nenek Moyang
1) Kebudayaan zaman batu
2) Animisme, yaitu kepercayaan terhadap makhluk halus/roh.

2. Masa Kejayaan Nasional

Nilai –nilai pancasila telah ada pada bangsa indonesia sejak zaman dulu kalasebelum bangsa indonesia mendirikan negara. Proses terbentuknya negara indonesia melalui proses sejarah yang cukup panjang yaitu sejak zaman batu hingga munculnya karajaan-kerajaan pada abad ke-IV.
A. Zaman Kutai
Pada zaman ini masyarakat kutai yang membukai zaman sejarah indonesia pertama kalinya ini menampilkan nilai-nilai sosial politik, dan ketuhanan.
B. Zaman Sriwijaya
Cita-cita tentang kesejahteraan bersama dalam sesuetu negara tlah tercemin pada kerjaan sriwijaya yang berbunyi yaitu ”marvuat vanua criwijaya siddhayara subhika”{suatu cita-cita negara yang adil&makmur}
C. Zaman Kerajaan-Kerajaan Sebelum Kerajaan Majapahit
Pada zaman ini diterapkan antara lain/ raja aiar langgi sikap tolerensi dalam beragama nilai-nilai kemanusiaan (hubungan dagang&kerjasama dengan benggala, chola, dan chompa) serta perhatian kerjahteraan pertanian bagi rakyat dengan dengan membangun tanggul&waduk.
D. Zaman Kerajaajn Majapahit
Pada tahun 1293 berdirilah kerajaan Majapahit yang mencapai zaman keemasan pada pemerintahan raja Hayam Wuruk dengan Mahapatih Gajah Mada. Pada waktu itu agama Hindu dan Budha hidup berdampingan dengan damai dalam satu kerajaan.
Empu Prapanca menulis Negarakertagama (1365). Dalam kitab tersebut telah terdapat istilah “Pancasila”. Empu Tantular mengarang buku Sutasoma, dan didalam buku itulah kita jumpai seloka persatuan nasional yaitu “Bhinneka Tunggal Ika”, yang bunyi lengkapnya “Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharna Mangrua”, artinya walaupun berbeda, namun satu jua adanya sebab tidak ada agama yang memiliki tuhan yang berbeda.
Sumpah palapa yang diucapkan oleh mahapatih Gajah Mada dalam siding Ratu dan Menteri-menteri di paseban keprabuan Majpahit pada tahun 1331, yang berisi cita-cita mempersatukan seluruh nusantara raya sebagai berikut: ‘Saya baru akan berhenti berpuasa makan pelapa, jikalau seluruh nusantara bertakluk di bawah kekuasaan Negara, jikalau Gurun, Seram, Tanjung, Haru, Pahang, Dempo, Bali, Sunda, Palembang dan Tumasik telah dikalahkan.

[+/-] Read more...