Skip to main content

CERPEN : Perjalanan Hidup Ciza I

" Penalkan... Namaku Ciza. Aku lahir dari keluarga yang lumayan berada. Papaku adalah seorang pengusaha dan menjadi dosen di salah satu universitas swasta ternama di Kota Bandung, sedangkan ibuku adalah seorang guru di sebuah SMU swatsa ternama di Bandung. Aku mempunyai seorang kakak laki-laki dan dua adik perempuan. Dari keempat orang itu akulah yang paling beda diantara yang lain. Kenapa? Kalau diliat dari salah satu segi fisik, papa dan mama ku berkulit putih, begitu juga dengan kakak dan adik-adikku, hanya aku saja yang sedikit berkulit sawo matang (yah,, ngga item-item banget), maka tidak heran seluruh keluargaku selalu meng olok-olokku, "ahh,,ieu mah patukeur geura di bidanna,, hideung sorangan..hahaha" begitu kata mereka, karena itulah aku terbentuk menjadi seorang yang berkarakter 'cuek'. Ada baiknya dan ada buruknya sih, tapi setidaknya aku tidak akan memikirkan hal-hal yang tidak penting, tapi kadang-kadang suka kelewat cuek juga deng.... Semasa kecil aku hidup bahagia dengan segala hal yang terjadi dan semua kebutuhan yang terpenuhi. Sampai saat itu tiba, ketika aku berumur 7 tahun, ketika papa ku mulai sukses dengan pekerjaannya banyak masalah-masalah yang datang silihberganti.
Masalah pertama, adalah ketika bisnis papaku sedang melesat baik, papa selingkuh dengan perempuan yang... ga secantik mama ku deh, saat itu aku memang belum mengerti tentang semuanya, maklum saja aku masih kelas 2 SD, tapi aku sering melihat mama menangis dan kerepotan mengurusi rumah tangga sendirian. Betapa sakitnya hati mamaku. Kasian mama... Masalah kedua, papa memutuskan untuk pindah rumah ke daerah terpencil yang jauh dari kota. Aku tau mamaku sangat sedih karena jarak rumahku nanti ke tempat mama bekerja sangat jauh. Tapi apaboleh dikata, mama yang sangat halus dan penurut akhirnya tidak bisa menentang keegoisan papa. Akhirnya aku dan keluargaku pun pindah ke sana, di saat itulah mulai datang masalah-masalah berikutnya. Istri baru papa yang dulu adalah selingkuhannya sering datang ke rumah baruku, bahkan sampai menginap. Mamaku... sering menangis. Aku pun juga begitu. Menjalani hari-hari dengan rasa kesal yang tidak berujung. Aku kira, aku akan tetap senang hidup di lingkungan yang baru itu, tapi ternyata tidak. Teman-teman SD ku disana sangat menyebalkan. Begitupun dengan ilmu yang aku dapatkan dari sekolah itu sangat buruk. Tidak ada pelajaran yang bagus dan berbobot. Selama 2 tahun aku harus sekolah di tempat yang kurang tepat.  Ternyata adikku juga merasakan hal yang sama. Akhirnya ketika kenaikan ke kelas 5, aku dipindahkan ke sekolah yang lebih baik, tapi jaraknya cukup jauh dari tempat tinggalku sekarang. Disana aku merasa lebih baik, pelajaran yang berbobot dan teman-temannya pun menyenangkan. 

Kemudian hari, bisnis papaku mulai bangkrut, papa banyak ditipu orang karena terlalu percaya pada orang yang belum terlalu kernal, dari rumah lenyap, mobil yang tadinya 9, lenyap semua. Suatu saat papa meminta mama agar mama mau meminjam uang untuk modal bisnisnya lagi, tapi ternyata uang itu dipergunakan papa untuk hal-hal yang aneh, papa sering mengadakan syukuran-syukuran yang tidak jelas maksud dan tujuannya. seperti syukuran bubur bereum bubur bodas, atau apalah itu. Dengan keadaan seperti itu yang terus berlanjut, akhirnya aku mengerti bahwa papa terjerumus kepada hal-hal yangberbau mistis, banyak teman-teman papa yang datang ke kediaman ku membawa keris, belati, dll. Pamanku bilang di ruangan papa juga ada segunduk uang dan itu didapatkan dari setan. Astagfirullah.... papa... Saat itu akl baru berumur 10 tahun, aku tidak bisa berbuat apa-apa. Begitupun dengan mama, sudah sejuta kali mama mengingatkan papa, tapi tidak pernah di dengar, yang ada hanya pertengkaran antara mama dan papa. Setelah beberapa lama, ternyata kegiatan papaku yang sesat itu tidak juga membuahkan hasil (jelaslah,, itu kan jalan sesat), malah keadaan ekonomi keluarga semakin buruk. Tapi papaku tetap saja berkecimpung dalam urusan-urusan aneh itu, bersama orang-orang yang gila juga. Hubungan papa dan mama juga semakin buruk. hampir setiap hari mereka berseteru, aku tidak tahu sampai keadaan akan begini.

Pada suatu waktu, masalah-masalah mencapai puncaknya, ketika itu ada seorang pria bernama Yono, teman papaku datang kerumahku, berkali-kali orang itu datang ke rumahku, aku heran melihat gelagat orang itu, apalagi setiap berbicara dengan mamaku, terasa ada yang beda, dari sorot matanya, sikapnya, akhirnya aku baru sadar bahwa ada sesuatu di antara mereka, sepertinya perasaan cinta atau apalah itu. Aku sedih setiap kali melihat mamaku bergurai dengan Yono :(.... Sementara papaku membiarkan hal itu dan tetep mengurusi urusannya yang aneh. Pernah ayahku mengenalkan seseorang wanita tua, mukanya keriput, peot, kurus kering kerontang, papa bilang dia adalah Ratu Adil, tapi.. aneh,, yang aku lihat antara papa dan nenek ini sama dengan yang aku lihat antara mama dan Yono. Apa yang terjadi? saat itu papa mengumpulkan semua anaknya termasuk aku, papa bilang 'ratu adil' ingin bicara, apa yang aku dengar? "yeuh.., okkhoo..okkhho( batuk) rumah tangga papa sama mama udah ga bisa di pertahanin lagi, kalau tetep dipertahanin bakalan ada satu orang yang mati di keluarga ini. jadi kalian wayahna, kudu ikhlas kalau papa mama harus pisah" JRENKK.... apa itu? dari situlah semuanya jelas, papa dan mama akhirnya bercerai T.T .. Mamaku pergi dari rumah dengan Yono, mungkin mengurus surat nikahnya, tapi aku juga tidak tahu keberadaannya. Aku, kakakku, adik-adikku hidup sangat prihatin saat itu, apalagi tanpa ada mama :( , sementara papa tidak henti-hentinya mengurusi kegiatan-kegiatan yang sesat . BERSAMBUNG ke part II.....

Comments

Popular posts from this blog

Pendaftaran Mango Live

HI GUUYYSSSS ...... Berikut adalah tata cara untuk mendaftar menjadi host di aplikasi livestreaming, mango live,,,, dengan kami MG sebagai agency terbesar. MG Standard Operational Procedure HOST CANDIDATES Standard Qualification: Woman Above 18 Beautiful  Sexy  Confidence Friendly Happy to interact with many people or new people Hardworker Terms and Conditions: All hosts meet standards qualification Fill out Host registration Form MG HOST Registration Form ID Card  name : ID Card No : Nick Name : Address : Place, Date of birth : Phone (whatsapp) :  Line id : Instagram : Email address :  Bank Name :  Bank Account No : Bank Account Name : Mango Name : Mango Id : System : Make sure you use a real and original photo at photo profile on your mango account. Include 1 closeup photo and 1 full body photo. Include 1 introductory video (30 seconds minimum duration) Include ID card Photo All MG hosts are required to put “MG❤'' befo

LOWONGAN KERJA OFFICIAL HOST

Lowongan kerja sebagai host official mangolive, yang memenuhi kualifikasi di atas silahkan menghubungi nomor whatsapp. gaji hingga puluhan juta rupiah, dengan bermodalkan handphone dan internet . 

Pengolahan Boiler

Pengolahan Air Boiler (External & Internal Treatment) Pengolahan air Boiler harus memenuhi 3 kriteria utama yaitu: •Menghasilkan pertukaran panas secara terus menerus dan effisien. •Memberikan Perlindungan korosi •Menghasilkan kemurnian uap yang baik. Pengolahan air pada sistim boiler dibadi menjadi dua bagian, yaitu External treatment dan Internal treatment. Perawatan Eksternal Perawatan eksternal (External Treatment) adalah segala sesuatu yang dilakukan pada semua sistim pendukung Boiler (sistim yang berhubungan dengan Boiler ). Maksud & tujuan dari suatu external treatment adalah untuk menghasilkan air dengan kualitas yang sesuai dengan persyaratan dari Air umpan boiler (boiler feed water). Dalam hal ini termasuk penghilangan zat tersuspensi, pengurangan/penghilangan kadar Kesadahan, pengurangan/penghilangan kadar Silica, pengurangan /penghilangan kadar oxygen terlalrut (dissolved oxygen), dsb. Beberapa contoh dari fasilitas external treatment antara lain: Clarifier, F