ShoutMix chat widget

Popular Posts

11.05.2010

Hujan Abu di Bandung!!!

Haloo semua, kali ini ada berita terupdate,, Apa??
Hujan Abu ada di Bandung lohh !!!!!!!!!
Emang Erupsi merapi 2010 ini paling buruk.
Disini nih tepatnya, di jalan gading barat IV no 5, komp Puteraco Gading Regensi- Soekarno Hatta Bandung. Gue secara langsung turun ke jalan (cieilaa..) menyaksikan turunnya abu-abu vulkanik yang memang masih setitik berhamburan turun ke permukaan tanah, nutupin mengkilapnya mobil sedan Hyundai yang parkir di depan kantor.

Niatnya sih gw pengen ngolek beberapa gram sampel abu tersebut buat gw analisa di lab,, tapi sayangnya, si abu nempelnya jarang-jarang, setitik-setitik. Jadinya cuma bisa diliat.

Cukup bingung juga kan? apa mungkin abu letusan gunung merapi di Jogja sana nyampe ke sini? secara Jogjakarta ada di Jawa Tengah dan Bandung ada di Jawa Barat. Tapi ini memang bener adanya. Selain Bandung juga ternyata masih ada beberapa kota di Jawa Barat lainnya yang kecipratab abu merapi. Ciamis, tasik, garut, kabupaten Bandung dan sekarang Kotamadya Bandung.

Yogyakarta (ANTARA) - Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Surono menyatakan erupsi Merapi 2010 merupakan bencana terburuk Merapi sejak 1870 atau dalam kurun waktu 100 tahun.

"Erupsi Merapi tahun ini dapat dikatakan terburuk sejak 1870 karena saat ini sebanyak 32 desa dengan jumlah penduduk lebih dari 70.000 jiwa direkomendasikan harus mengungsi karena berada dalam zona berbahaya," kata Surono didampingi Kepala Badan Geologi Sukhyar di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, sebanyak 32 desa yang direkomendasikan mengungsikan warganya terdiri atas 17 Desa di Kabupaten Magelang, Klaten empat desa, Boyolali tiga desa dan di Kabupaten Sleman ada delapan desa.

"Saat ini Gunung Merapi dalam kondisi krisis, selain ditandai dengan letusan ekplosif jarak luncur awan panas terjauh mencapi 11,5 Kilometer (Km) di kali Bebeng dan di tempat lain jarak luncur awan panas mencapi 11 Km di Kali Putih, 10 Km di Kali Boyong dan 9,5 Km di Kali Gendol," katanya.

Ia mengatakan, awan panas yang keluar dari puncak Merapi saat ini juga sudah mencapai ketinggian lebih dari 10 Km.

"Ini kejadian yang mungkin baru kami alami sejak dari catatan sejarah 1870-an," katanya.

0 comments:

Post a Comment

silahkand berkomentar kauuand . . .