ShoutMix chat widget

Popular Posts

10.13.2010

Tugas Pancasila (III. PROKLAMASI KEMERDEKAAN BANGSA INDONESIA 1945)

Pada tanggl 7 Agustus 1945 dibentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang beranggotakan 21 orang termasuk ketua dan wakil ketua. Panitia tersebut diketuai oleh Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta sebagai wakilnya.
Setelah menerima kepastian bahwa Jepang telah menyerah tanpa syarat kepada sekutu segera rakyat Indonesia mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dan dalam proses persiapan tersebut sempat terjadi perselisihan antara golongan muda dan golongan tua tentang waktu dan pelaksanaan proklamasi. Sehingga golongan muda mengasingkan Soekrano ke Rengasdengklok untuk menghindari pengaruh dari Jepang. Pada malam pelaksanaan proklamasi Indonesia Soekarno dan Hatta pergi kerumah Laksamana Maeda untuk membicarakan konsep Proklamasi beserta naskah proklamasi tersebut. Yang turut hadir disana adalah B.M. Diah, Bakri, Sayuti Melik, Dr. Buntaran, Mr. Iwakusuma Sumantri dan beberapa anggota PPKI yang lain. Dan pada pagi harinya pada tanggal 17 Agustus 1945 di Pegangsaan Timur 56 Jakarta, tepat hari Jum’at jam 10 wib Bung Karno dengan didampingi oleh Hatta membacakan naskah Proklamasi.

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain, diselenggarakan dengan cara saksama dan dalam tempo sesingkat-singkatnya,

Jakarta, hari 17, bulan 8, tahun 45
Atas nama bangsa Indonesia
Soekarno-Hatta

0 comments:

Post a Comment

silahkand berkomentar kauuand . . .